Waspada Tujuh Gejala Ini Petunjuk Ginjal Sedang Terinfeksi

Salah satunya adalah pielonefritis, yang mulanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dalam kandung kemih.

Waspada Tujuh Gejala Ini Petunjuk Ginjal Sedang Terinfeksi
Kolase/Tribun Style
Ilustrasi pinggang dan ginjal 

POSBELITUNG.CO-- Fungsi ginjal sangat penting bagi organ tubuh. Terdapat berbagai fungsi ginjal yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh.

Diantaranya sebagai penyaring darah, menyaring dan membuang limbah, memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah, mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh dan fungsi lainnya

Ginjal sangat vital bagi organ tubuh yang rentan terkena berbagai macam masalah.

Salah satunya adalah pielonefritis, yang mulanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dalam kandung kemih.

Kondisi ini bisa memengaruhi ginjal hingga akhirnya menyebabkan infeksi. Maka itu, penting untuk mencermati berbagai gejala infeksi ginjal agar bisa segera terdeteksi sebelum terlambat.

Apa saja gejala infeksi ginjal? Beberapa hal berikut ini dapat menandai adanya infeksi virus atau bakteri pada ginjal Anda:

1. Sering buang air kecil

Tanda awal yang paling sering dialami orang dengan infeksi ginjal adalah hasrat untuk buang air kecil terus-menerus, menurut Charles Modlin, MD, MBA, seorang ahli urologi di Cleveland Clinic. Hasrat ini dalam masyarakat Jawa sering disebut dengan anyang-anyangan. Ini karena bakteri penyebab infeksi ginjal dapat berjalan ke kandung kemih dan mengakibatkan iritasi, sehingga memicu keinginan untuk buang air kecil meskipun kandung kemih sedang kosong.

2. Ada darah dalam urin

Munculnya darah dalam urin merupakan salah satu gejala infeksi ginjal. Pasalnya, tubuh sedang berusaha untuk melawan bakteri penyebab infeksi, yang akhirnya memicu sel darah merah keluar melalui urin. Anda pun melihat kondisi ini sebagai darah dalam urin.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved