Ecoprint Bermotif Daun Endemik Jadi Geoproduct Siap Dukung Belitung Maju di UGG

Kain unik bermotif daun yang biasa disebut ecoprint menjadi satu di antara geoproduct yang akan mendukung Belitung melaju ke UNESCO Global Geopark

Ecoprint Bermotif Daun Endemik Jadi Geoproduct Siap Dukung Belitung Maju di UGG
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Pemilik Batik Sepiak Belitong Bella Kartika Aprilia menunjukkan pakaian yang terbuat dari bahan ecoprint yang ada di workshop dan toko oleh-oleh di Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk, Selasa (11/6/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kain unik bermotif daun yang biasa disebut ecoprint menjadi satu di antara geoproduct yang akan mendukung Belitung melaju ke UNESCO Global Geopark (UGG).

Kain ecoprint ini mulai dikembangkan Bella Kartika Aprilia sejak 2017 lalu. Di tangan wanita yang juga memiliki usaha Batik Sepiak Belitong ini, beragam bahan alam lokal khas Belitong disulap menjadi kain unik yang digemari pembeli lokal hingga luar negeri.

Bella Sepiak Kembangkan Beragam Motif Batik Khas Negeri Laskar Pelangi

"Jadi kami mencoba, membuat lalu dikreasikan dengan bahan alam yang di Belitung semisal daun simpor, daun jati, daun ketapang, dan kesumba," ujarnya, Selasa (11/6/2019).

Menurutnya, pada teknik ini memang tak semua daun bisa digunakan. Hanya daun yang memiliki tanin berwarna yang bisa digunakan agar menghasilkan kain berwarna unik dengan motif daun yang khas.

Beberapa kali mengikuti pameran di luar negeri, kain ecoprint dari Belitung pun banyak digemari, terutama di Jepang.

"Ecoprint peminatnya banyak di luar negeri. Kalau lokal memang hanya kalangan tertentu yang menyukai bahan alam," tuturnya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved