Advertorial

KSU Regina Pacis Gelar RAT Tahun Buku 2019 Yonas: Mimpi Kita Suatu Saat Kelola Sembako

KOPERASI Serba Usaha (KSU) Regina Pacis menggelar rapat anggota tahunan (RAT) XVI tahun buku 2018 di SMP Regina Pacis, Desa Aik Ketekok Tanjungpandan

KSU Regina Pacis Gelar RAT Tahun Buku 2019 Yonas: Mimpi Kita Suatu Saat Kelola Sembako
ist/KSU Regina Pacis Gelar RAT Tahun Buku 2019
Koperasi Serba Usaha (KSU) Regina Pacis menggelar rapat anggota tahunan (RAT) XVI tahun buku 2018 di SMP Regina Pacis, Desa Aik Ketekok Tanjungpandan, Minggu (16/6) 

POSBELITUNG.CO -- Koperasi Serba Usaha (KSU) Regina Pacis menggelar rapat anggota tahunan (RAT) XVI tahun buku 2018 di SMP Regina Pacis, Desa Aik Ketekok Tanjungpandan, Minggu (16/6). RAT yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diisi dengan laporan pengurus koperasi, menetapkan program kerja tahun buku 2019 serta pembagian sisa hasil usaha (SHU).

Dalam RAT tersebut dihadiri pengurus, panitia kredit dan badan pengawas serta anggota KSU Regina Pacis. Hadir pula Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung, Mula Samosir mewakili Bupati Belitung serta undangan lainnya.

Yonas Bayu Buwono, Ketua KSU Regina Pacis dalam sambutannya mengatakan, RAT sesungguhnya tidak hanya sekedar rapat, tapi lebih dari itu adalah temu kangen pengurus dan anggota koperasi. Menurutnya, karena sudah lebih dari setahun KSU Regina Pacis tidak melakukan RAT seperti ini.

“Pada kesempatan ini saya atas nama pengurus mohon maaf karena RAT tahun buku 2018, sedikit terlambat. Hal ini bukan kesengajaan, karena ada beberapa faktor yang harus dipersiapkan agar RAT bisa berjalan dengan baik,” kata Yonas Bayu Buwono, Minggu (16/6).

Kata Yonas, KSU Regina Pacis bermimpi suatu saat akan mengelola sembako. Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung sudah beberapa kali mengundang pengurus KSU Regina Pacis untuk menjajaki usaha sembako ini bekerjasama dengan perusahaan dari Jakarta.

“Bentuk kerjasama itu mudah-mudahan tahun 2019 ini akan terealisasi, kami butuh dukungan para anggota agar mimpi yang sudah lama ini bisa terealisasi,” kata Yonas.

Sementara itu Kabid Koperasi UKM, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung, Mula Samosir mengatakan bahwa pihaknya sudah didatangi salah satu perusahaan dari Jakarta. Perusahaan tersebut minta agar ada beberapa koperasi di Belitung menjadi distributor sembako.

“Kalau kita lihat anggota KSU Regina Pacis sekarang ada 285 orang. Misalnya satu anggota membutuhkan 20 kilogram per bulan dikali 285 anggota, sudah 5700 kilogram sebulan. Belum lagi kebutuhan gula dan lainnya. Tapi kita harus ada komitmen, jangan sampai sembako ini sudah disediakan, anggota masih membeli di tempat lain,” kata Mula Samosir.

Menurut Mula, pihaknya merekomendasikan KSU Regina Pacis untuk menjadi agen sembako kerjasama dengan perusahaan tersebut di Tanjungpandan. Agen ini nantinya akan menyuplai sembako ke para anggota dan lingkungan sekitarnya. Mula minta agar para pengurus membahasnya rencana ini secara matang.

“Yang kita rekomendasikan di Tanjungpandan adalah Koperasi Regina Pacis. UKM kita ada sekitar 500 yang membutuhkan tepung dan bahan makanan lainnya. Nanti akan kita rekomendasikan seluruh UKM untuk mendapat bahan baku dari Koperasi Regina Pacis. Di luar UKM ini juga ada masyarakat yang mengelola produk makanan dan membutuhkan bahan baku, jadi omzet koperasi ini akan lebih meningkat,” kata Mula.

Dikatakannya, bila pengurus koperasi tidak mampu mengurus usaha ini karena kesibukannya, maka harus ada orang yang ditunjuk dari kalangan anggota yang bisa mengelola usaha ini. Yang penting ada persetujuan dari seluruh anggota.

RAT diselingi dengan pembagian doorprize berupa sembako seperti beras, minyak goreng, susu, kecap sabun serta berbagai barang lainnya. Untuk doorprize utama yakni uang tunai Rp 1 juta, doorprize kedua Rp 750 ribu dan doorprize ketiga Rp 500 ribu. RAT diakhiri dengan penetapan program kerja tahun buku 2019 dan pembagian SHU. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved