VIDEO : Musim Tanam Padi di Beltim Petani Masih Andalkan Sistem Tadah Hujan

Musim tanam mungkin sedikit mengalami keterlambatan karena saluran irigasi belum berfungsi akibat banjir 2017 lalu..

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Petani di Dusun Danau Nujau Kabupaten Belitung Timur mulai memasuki musim tanam padi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Beltim, Heryanto menjelaskan luas lahan sawah Dusun Danau Nujau sekitar 436 hektar.

"Musim tanam mungkin sedikit mengalami keterlambatan karena saluran irigasi belum berfungsi akibat banjir 2017 lalu, para petani di Dusun Nujau memanfaatkan sistem tanam tadah hujan saat ini," jelas Danton, sapaansHeryanto kepada Posbelitung.co, Senin (17/6/2019)

"Awal musim hujan kita agak terlambat karena ada pergeseran mungkin, selain itu irigasi teknis kita belum difungsikan karena talut bendungan pice kemarin belum selesai, mudah-mudahan dalam dekat ini sudah selesai," ujar Danton.

Danton berharap periode tanam berikutnya aliran irigasi sudah bisa berfungsi.

"karena kami kawatir juga Juli sampai dengan Agustus sudah memasuki musim kering, takutnya padi yang sudah di tanam bisa kena puso (gagal panen).

Danton mengatakan kedepannya Dinas pertanian akan segera berkoordinasi ke pemerintah Kecamatan Gantung dan Desa gantung juga untuk sosialisasi pentutupan bendungan pice, agar air bisa mengalir ke danau nujau.

"Namun secara teknis pentutupan tidak semuanya sampai habis, kami cuman naikan ketinggian air satu meter dari sekarang ini selebihnya bisa dibuang," Jelas Danton.

Sedangakan untuk panen padi diperkirakan untuk panen 100-120 hari mendekati Oktober akan datang. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved