Disbudpar Beltim Memperkuat dan Membangun SDM Desa Wisata

BIDANG Disbudpar Kabupaten Belitung Timur, mengadakan Pembinaan Desa Wisata Tahun 2019, di Restoran Fega Manggar, Belitung Timur

Disbudpar Beltim Memperkuat dan Membangun SDM Desa Wisata
Ist/Disbudpar Beltim
BIDANG Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur, mengadakan Pembinaan Desa Wisata Tahun 2019, di Restoran Fega Manggar, Belitung Timur, Selasa (18/6) hingga Jumat (21/6) besok. 

POSBELITUNG.CO - Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur, mengadakan Pembinaan Desa Wisata Tahun 2019, di Restoran Fega Manggar, Belitung Timur, Selasa (18/6) hingga Jumat (21/6).

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi tersebut, dihadiri sebanyak 90 peserta yang terdiri dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pemuda-pemudi Karang Taruna, serta perangkat/pegawai di lingkungan kantor pemerintahan desa wisata se-Belitung Timur.

Narasumber yang dihadirkan adalah penggiat Desa Wisata Penting Sari, DotoYogantoro, Provinsi Daerah IstimewaYogyakarta dan penggiat wisata Pulau Belitung Muliani Mustani Adjin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi mengatakan, tujuan kegiatan pembinaan ini adalah untuk terus menguatkan dan membangun sumber daya manusia (SDM) pada desa wisata, dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung Timur.

PPK Pembinaan Desa Wisata Tahun 2019 Rudy Sastrawan mengemukakan, pihaknya sengaja mengambil narasumber dari Yogyakarta karena desa narasumber tersebut sudah lebih dahulu menjadi desa wisata, yang pendapatannya tembus ratusan juta rupiah.

“Jadi supaya desa-desa yang memiliki potensi wisata di Belitung Timur bisa lebih maju dan sejajar dengan desa-desa wisata di luar sana, atau paling tidak, mereka bisa belajar,” kata Rudy.

Rudy menyebutkan, nantinya akan dipilih desa wisata terbaik di Belitung Timur untuk mengikuti studi banding di desa wisata yang ada di Pulau Jawa.

Pegiat Desa Wisata Penting Sari, Doto Yogantoro, mengatakan dari sisi kesiapan saat ini, wisata di Belitung Timur dalam posisi tumbuh menuju berkembang.

“Ada juga yang sudah berkembang. Jadi konsepnya di sini sebenarnya, pendampingan untuk melakukan prioritas produk yang dimiliki desa apa saja, karena ada tiga yakni alam, budaya, dan kreatif. Jadi hanya ada satu dari ketiga tersebut itu yang diprioritaskan,” kata Doto.

Doto berharap peserta pelatihan ini bisa menjadi SDM lokal yang memiliki kompotensi hingga arah promosi dan investasi. (adv/q5)

Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved