Berita Belitung

Tiger Taekwondo Club Belitung Lakukan Gatsuku, dan Lakukan Aksi Peduli Lingkungan

Ratusan atlet dari TTC Kecamatan Tanjungpandan dan Kecamatan Sijuk hadir mengikuti gatsuku tersebut.

Tiger Taekwondo Club Belitung Lakukan Gatsuku, dan Lakukan Aksi Peduli Lingkungan
Pos Belitung/Disa Aryandi
TTC Belitung, Minggu (23/6) melakukan Gatsuku di Pantai Tanjung Tinggi sembari membersihkan sampah plastik. 

POSBELITUNG.CO  - Tiger Taekwondo Club (TTC) Belitung, minggu (23/6/2019) melakukan gatsuku atau pengambilan sabuk di Pantai Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Terdapat ratusan atlet dari TTC Kecamatan Tanjungpandan dan Kecamatan Sijuk hadir mengikuti gatsuku tersebut.

Sebelum melakukan pengambilan sabuk tersebut, terlebih dahulu atlet - atlet dari usia 5 tahun hingga dewasa mengikuti kegiatan latihan gabungan. Usai latihan gabungan untuk penyeragaman teknik tersebut, ratusan atlet ini mengikuti games. Games tersebut dibuat, untuk memacu kekompakan atlet-atlet yang berlatih di TTC.

"Ini semua gabungan, ada atlet yang berlatih di club TTC Tanjungpandan dan TTC Sijuk. Gatsuku ini rutin memang kami lakukan, dan turun temurun. Disini kami juga melakukan latihan gabungan," kata ketua panitia Desi Andriani kepada Posbelitung.co, minggu (23/6/2019).

Gatsuku ini dilakukan, sebagai bentuk tradisi setiap generasi setelah atlet atau Taekwondo'in tersebut mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Peserta tersebut secara keseluruhan telah dinyatakan lulus UKT, dan naik satu tingkat dari tingkatan sabuk sebelumnya.

"Ini mulai dari sabuk putih, hingga goup 2 (sabuk merah strip satu). Satu bulan yang lalu mereka sudah mengikuti UKT bersama-sama dengan club lain, dan di nyatakan lulus. Tapi gatsuku ini kemarin terpenting sebagai ajang silaturahmi TTC karena masih dalam bulan syawal," ucapnya.

Selain itu, TTC kemarin juga melakukan kegiatan bhakti sosial, mengumpulkan sampah plastik di seputaran pantai yang menjadi favorit wisatawan ini. Sampah plastik tersebut di ambil satu persatu, mulai dari sampah bekas gelas air mineral hingga botol bekas air mineral.

"Ini ada kegiatan sosial juga, dan kami mengenalkan dengan atlet-atlet akan kepedulian lingkungan. Terutama soal sampah plastik ini, yang sekarang sedang jadi sorotan pemerintah pusat dan daerah. Nah disini kami ajarkan kepada anak-anak, agar lebih cinta akan lingkungan," kata Sekretaris TTC Sabeum Tirta.

Kata pemegang Dan II Kukkiwon itu, melalui pelatih sekaligus mengajarkan tentang ke dewasaan. Terutama dalam bertindak, bersikap, lantaran filosofi sabuk memiliki arti tersendiri setiap warna.

"Kami terbuka sifat nya, bagi yang ingin bergabung kami persilahkan dari berbagai umur. Baik usia anak, remaja dan dewasa. Yang berdomisili di Tanjungpandan tempat latihan kami di Jalan Dewi Sartika dan bagi yang domisili di Sijuk di setiap sekolah ada, termasuk di balai kampung Trans Bali," pungkasnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved