Komik Petualangan di Belitung Dukung Promosi Pariwisata, Bupati Sanem Apresiasi Penulis Si Juki

BUPATI Belitung H Sahani Saleh menghadiri peluncuran komik seri ke-2 Si Juki. Buku berjudul Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara"Petualangan di Belitung

Komik Petualangan di Belitung Dukung Promosi Pariwisata, Bupati Sanem Apresiasi Penulis Si Juki
ist/Dok.Humas Pemkab Belitung
BUPATI Belitung H Sahani Saleh (Sanem) menghadiri peluncuran komik seri kedua Si Juki. Buku fiksi berjudul Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara "Petualangan di Belitung" itu diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan di ruang rapat Kementerian Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (21/6). 

BANGKAPOS.COM--Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) menghadiri peluncuran komik seri kedua Si Juki. Buku fiksi berjudul Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara.

"Petualangan di Belitung" itu diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan di ruang rapat Kementerian Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (21/6).

Hadir juga dalam acara itu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, dan Direktur Penerbitan Elex Media Suwandi Sandiwan Brata.

Launching buku karya penulis Faza Meonk tersebut diinisiasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bekerja sama dengan PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia. Isinya menceritakan tentang berbagai destinasi di Kabupaten Belitung serta tempat wisata kuliner.

Bupati Sanem mengapresiasi terbitnya buku tersebut sebab membantu wisatawan yang ingin berkunjung atau menikmati keindahan Negeri Laskar Pelangi. Sebab di setiap tempat terdapat penjelasan tempat tujuan.

"Sulit membuat buku itu apalagi itu berhubungan dengan pariwisata. Kami berterima kasih kini Belitung dikemas lagi dalam sebuah buku," kata Sanem, Sabtu (22/6).

Ia berharap, terbitnya buku itu akan membantu dunia pariwisata Belitung, terutama dari segi promosi apalagi kini sedang mengejar status Unesco Global Geopark (UGG). Tentunya hal ini juga bisa menambah poin penilaian dari tim assesor.

"Paling tidak orang dengan membaca buku ini akan semakin penasaran ingin berkunjung ke lokasi-lokasi wisata yang ada di Belitung. Dari penasaran itu maka muncul keinginan berlibur yang tentunya akan menambah jumlah kunjungan wisata serta menambah nilai ekonomi," ujarnya.

Sementara, Menko Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan mengatakan, melalui buku tersebut menjadi hal krusial guna memberikan pemahaman tentang kemaritiman kepada masyarakat terutama kalangan muda.

"Jangan sampai anak-anak kita tidak tahu tentang laut padahal kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia," ucapnya.

Luhut pun mengapresiasi penulis komik Faza Meonk, lantaran telah membantu pemerintah dalam memberikan wawasan kemaritiman kepada publik lewat cara yang mudah dipahami. Namun demikian, Luhut mengingatkan tentang perlunya evaluasi setelah penerbitan komik yang kedua kalinya ini.

"Tolong ukur bagaimana dampaknya kepada masyarakat, misalnya apakah perlu perbaikan narasi atau gambar sehingga penulis bisa menyesuaikan dengan respon masyarakat," ucapnya.

Lewat evaluasi ini, Luhut berharap agar tujuan diterbitkannya komik Si Juki ini direspons secara baik oleh publik. Apabila berhasil dapat membuat komik yang lain, misalnya soal keanekaragaman atau kebersihan lingkungan. (adv/tas)

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved