Tidur dengan Lampu Menyala Berpeluang Menaikkan Berat Badan

Namun, tak hanya menganggu waktu tidur saja, lampu atau cahaya elektronik juga ada hubungannya dengan bertambahnya berat badan.

Tidur dengan Lampu Menyala Berpeluang Menaikkan Berat Badan
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi tidur nyenyak 

POSBELITUNG.CO - Sudah bukan rahasia lagi jika lampu atau cahaya elektronik bisa menganggu waktu tidur kita.

Namun, tak hanya menganggu waktu tidur saja, lampu atau cahaya elektronik juga ada hubungannya dengan bertambahnya berat badan.

Secara biologis, manusia biasa tertidur lelap saat langit sudah gelap dan bangun saat subuh. 

Namun, temuan lampu dan TV membuat jam biologis itu bisa terganggu yang membuat kita jadi mudah untuk begadang. 

Sebab, semua cahaya itu akan membuat tidur jadi lebih sulit bahkan sebuah temuan terbaru mengatakan jika cahaya buatan tersebut berpotensi menaikkan berat badan.

Menurut para ilmuwan di Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan, tidur dengan televisi atau menyalakan lampu bisa menjadi faktor risiko kenaikan berat badan atau obesitas. 

Diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, studi ini adalah yang pertama menemukan hubungan antara paparan cahaya buatan di malam hari saat tidur - dan penambahan berat badan.

Hasilnya menunjukkan bahwa mematikan lampu pada waktu tidur dapat mengurangi peluang untuk bertambahnya berat badan yang tidak diinginkan.

Para ilmuwan pun telah melakukan survei sekitar 44.000 perempuan.

Dari hasil penelitian kemudian ditemukanlah jika sebanyak 17 persen perempuan merasa dirinya naik BB saat tidur dengan cahaya lampu atau televisi. 

"Pola makan tinggi kalori dan perilaku tidak sehat yang tidak sehat telah menjadi faktor yang paling sering dikutip untuk menjelaskan kenaikan obesitas yang terus berlanjut.

"Studi ini menyoroti pentingnya cahaya buatan di malam hari dan memberikan wanita yang tidur dengan lampu atau televisi dalam cara untuk meningkatkan kesehatan mereka."

Meskipun penelitian dilakukan pada perempuan, tidak mungkin hasilnya akan berbeda secara signifikan pada pria. (*)

Berita ini telah tayang di nova.grid.id dengan judul : Astaga! Tidur dengan Lampu Menyala Berpotensi Menaikkan Berat Badan lo

Editor: tidakada011
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved