Breaking News:

Asesor Geopark Nikmati Makan Bedulang di Rumah Adat Belitung

Asesor UNESCO Global Geopark (UGG) Jean-simon Pagès dari Perancis dan Dr. Andreas Schüller dari Jerman datang ke Pulau Belitung, Selasa (25/6/2019) pa

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Belitung Jasagung Hariyadi dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fattah menemani asesor UNESCO Global Geopark, Jean-simon Pagès dan Dr. Andreas makan bedulang di rumah adat Belitung, Selasa (25/6/2019). Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Asesor UNESCO Global Geopark (UGG) Jean-simon Pagès dari Perancis dan Dr. Andreas Schüller dari Jerman datang ke Pulau Belitung, Selasa (25/6/2019) pagi. Kedatangan keduanya untuk menilai Geopark Belitong sehingga bisa menyandang status UNESCO Global Geopark.

Setelah tiba, keduanya diajak sarapan ke Geo-theather, mengunjungi pusat informasi Geopark, ke museum Tanjungpandan, dan makan siang di rumah adat Belitung.

Saat berada di rumah adat, kedua asesor pun disambut tari selamat datang Belitung serta dijamu makan bedulang.

Usai menikmati makan siang, Jean-simon Pagès mengatakan bahwa ia merasa berterima kasih telah diberi kesempatan menjadi bagian dari budaya dan seremoni, hingga bisa menikmati tarian dan musik tradisional yang indah.

"Geopark memang harus memiliki keindahan alam dan warisan atau pusaka. Tapi harus ada yang lebih dari itu, karena geopark juga tentang budaya di suatu daerah. Terima kasih telah menampilkan tarian tradisional, musik yang indah yang mengiringi saat kami makan siang. Karena kami tidak memiliki ini di tempat asal kami," katanya, disambut tepuk tangan dari hadirin yang hadir siang itu.

Kesan ini membuatnya merasa tak segan memberitahukan pada kolega, teman dan keluarga, betapa luar biasanya budaya yang Belitung miliki.

Dari penjelasan wakil gubernur, bahwa wisata menyangkut aspek geo-tourism dan atraksi pariwisata, menurut Jean-simon Pagès atraksi atau kegiatan pariwisata harus menjadi hal utama untuk dikembangkan. Sehingga dengan demikian masyarakat pun bisa memperoleh pendapatan dari kegiatan wisata.

"Dari perjalanan kami sejak pagi hingga makan siang ini, kami telah melihat banyak hal yang mengagumkan untuk kegiatan wisata. Dan saya yakin, kalian akan mendapatkan kredit dari ini," imbuhnya.

Ia pun mengucapkan selamat kepada Geopark Belitong yang berkesempatan sebagai member UGG. Menurutnya, ketika menjadi UGG, Pulau Belitung akan menjadi bagian network of excellence yang akan menjadi kelebihan wilayah ini.

"Kami akan melihat, kalian telah memulai prosesnya, telah menyiapkan aplikasi, dan sekarang kami di sini, yang berarti langkah selanjutnya dari tindaklanjut aplikasi yang telah diajukan, mari kita lihat seperti apa kedepannya. Jadi, saya berharap yang terbaik untuk kalian, agar sukses dan kami berdua berharap aplikasi kalian akan berhasil," tukasnya.

Hal senada juga disampaikan asesor Dr. Andreas Schüller. Kata dia, ketika tiba di Pulau Belitung, ia melihat pemandangan dan orang-orang yang luar biasa.

"Orang-orang yang luar biasa, sehingga ini menjadi pertanda baik jika(Geopark Belitong, red) suatu hari nanti menjadi UGG," tambahnya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved