BNN Kabupaten Belitung: Bikin SIM dan KTP Harus Tes Urine

Program tersebut sangat penting, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkotika

BNN Kabupaten Belitung: Bikin SIM dan KTP Harus Tes Urine
Pos Belitung/Disa Aryandi
Dik Dik Kusnadi 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung, selasa (25/6/2019) mencanangkan, agar pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk dilakukan tes urine terlebih dahulu.

Program tersebut sangat penting, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkotika.

Itu pula sebagai bentuk social control kepada masyarakat, agar tetap menjauhi narkotika maupun mendekati barang haram tersebut. Namun wacana tersebut mulai sekarang harus dihembuskan, agar bisa terwujud atau terealisasi dikemudian hari.

"Termasuk nanti kalau mau jadi pegawai harus dilakukan pemeriksaan urine juga, agar jadi sosial control. Ini agar cepat terbangun kesadaran masyarakat (soal bahaya narkoba). Tes urine ini sebagai bentuk mengingatkan kepada masyarakat," kata Kepala BNN Kabupaten Belitung Dikdik Kusnadi kepada Posbelitung.co, selasa (25/6/2019).

Namun, kata dia, wacana ini bukan untuk mencari 'kesalahan' masyarakat, kendati lebih kepada menyelamatkan masyarakat dari bahaya narkoba. Sehingga warga harus lebih berhati-hati kedepan, agar tidak 'terjebak' dengan berbagai situasi.

"Ya supaya orang itu berfikir, ya untuk minum tidak sembarangan minum, siapa tau ada yang sengaja memasukan narkoba didalam nya. Kita tidak niat menggunakan narkoba, tapi setelah tes urine hasilnya positif, nah hal seperti ini harus di waspadai," ujarnya.

Sebelumnya, Dik Dik sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Belitung tentang tes urine ini. Tidak dipungkuri akan kembali melakukan tes urine di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

"Beliau (pak Bupati) sudah meminta, agar nanti cepat terbangun nya kesadaran para pegawai ini. Kami juga disini ingin menyampaikan, yang menjadi konsen kami yaitu tercipta kota yang bersinar itu bagaimana," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved