Kasus Stunting di Kecamatan Damar Menurun

Menurut Novita penyebabnya terjadinya stunting di Kecamatan Damar dikarenakan kurangnya pengetahuan akan pola makan, pola asuh dan sanitasi.

Kasus Stunting di Kecamatan Damar Menurun
posbelitung/suharli
Puskesmas Mengkubang saat menggelar kegiatan Psikoedukasi di Ruang Pertemuan Kantor Camat Damar, Belitung Timur. Selasa (25/6/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Petugas Gizi Puskemas Mengkubang, Novita mengungkapkan kasus Stunting yang ditemukan di Kecamatan damar pada tahun 2019 triwulan pertama sebanyak 8 kasus, namun hal tersebut membaik pada triwulan kedua kasus berkurang menjadi 4 kasus stunting.

"Pas triwulan kedua ini menurun menjadi 4 kasus, jadi pola yang diterapkan untuk penanggulangannya berupa konseling, kemudian kegiatan kelas Ibu Hamil, jadi dikelas itu diberi pengetahuan misalnya makanan yang dibutuhkan semasa hamil, pola hidup sehat, dan itu berhasil," ujar Novita kepada posbelitung, Selasa (25/6/2019).

Menurut Novita penyebabnya terjadinya stunting di Kecamatan Damar dikarenakan kurangnya pengetahuan akan pola makan, pola asuh dan sanitasi.

Untuk pemantauan yang dilakukan Puskesmas Mengkubang kepada balita yakni melalui kegiatan posyandu perbulan, dan pertriwulan mengukur tinggi dan berat badan anak.

"Dari hasil itu kami lihat tinggi badan berdasarkan umur, kami nilai dari situ terlihat status gizi anak," ujar Novita.

Sedangkan untuk penanganan 4 kasus stunting yang masih tersisa, Novita menjelaskan Puskemas Dendang tetap fokus melakukan pemantauan dan juga diberikan makanan tambahan, konseling serta kunjungan ke rumah, dan itu menurutnya terbukti efektif karena dari 8 kasus turun menjadi 4 kasus.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Mengkubang, Drg Ayu Nilam Sahri menyampaikan penanganan kasus stunting juga tidak lepas dari peran lintas sektor.

Menurut Drg Ayu penangangan kasus stunting tidak hanya dari medis saja, namun juga dari sisi psikologisnya yakni pola asuh, karena kesiapan dari orang tua menentukan pola asuh anak. (Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved