Satpol PP Kabupaten Belitung Layangkan Surat Pemberhentian Operasional Sementara kepada X-Bar

Satpol PP Kabupaten Belitung akhirnya menerbitkan surat dengan perihal penghentian operasional tempat usaha

Satpol PP Kabupaten Belitung Layangkan Surat Pemberhentian Operasional Sementara kepada X-Bar
Posbelitung/Dede Suhendar
Kasat Pol PP Kabupaten Belitung Azhar. 

POSBELITUNG.CO - Satpol PP Kabupaten Belitung akhirnya menerbitkan surat dengan perihal penghentian operasional tempat usaha kepada pimpinan atau manajemen tempat usaha X-Bar tertanggal 24 Juni 2019.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung Azhar itu, terdapat dua poin yaitu menyatakan tempat usaha X-Bar yang berlokasi di Jalan Pattimura RT 009, RW 005, Kelurahan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan tidak memiliki kelengkapan perijinan.

Selain itu, adanya bentuk pelanggaran terhadap Perda Kabupaten Belitung Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Ketertiban Umum.

Sehingga guna tegaknya perda dan menjaga ketertiban umum serta ketentraman masyarakat, maka terhitung semenjak disampaikannya surat itu, segala bentuk kegiatan operasional X-Bar dihentikan atau ditutup sampai dengan proses pengajuan perijinan selesai.

"Setelah kami cek secara formalitas, memang ijin-ijinnya belum termasuk SKPL dan lainnya. Jadi karena ada indikasi mereka mau operasional maka kami layangkan lah surat sesuai kewenangan kami meminta mereka tutup sementara sampai melengkapi perijinannya," ujar Azhar saat ditemui posbelitung.co, Selasa (25/6/2019).

Ia menyatakan bahwa pihaknya bukan menghalangi seseorang untuk berusaha, tetapi berdasarkan perda yang berlaku, setiap kegiatan usaha harus dilengkapi perijinan.

Sebelumnya, lanjut Azhar, pihaknya mendapat laporan terkait indikasi X-Bar sudah beroperasi‎. Sehingga jajaran Satpol PP melakukan pengawasan langsung ke lokasi usaha untuk mengkroscek informasi tersebut.

"Jadi malam Sabtu dan Minggu kemarin kami melakukan pengawasan langsung ke lokasi. Berdasarkan hasil pembicaraan dengan pemilik, mereka mengatakan hanya uji coba sound karena sudah setahun tidak dipakai, kami percaya saja dengan keterangan mereka," ungkap Azhar.

Namun setelah mereka beranjak, pihaknya kembali mendapat informasi bahwa masih terdapat aktifitas di X-Bar sampai pukul 03.00 WIB.

Menurutnya kegiatan tersebut menimbulkan kesan di masyarakat bahwa X-Bar telah beroperasional.

"Saya sudah sampaikan langsung kepada pemiliknya waktu itu, silahkan saja berusaha sepanjang mereka sudah memiliki ijin. Tapi kalau belum, tidak bisa operasional," katanya.

(Posbelitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved