Breaking News:

Berita Belitung

Tarif Penerbangan Mahal Berimbas Pada Omzet Galeri KUMKM Belitung Turun 50 Persen

Galeri Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Belitung mengalami penurunan hingga 50 persen.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Suasana Galeri KUMKM Belitung beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO - Galeri Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Belitung mengalami penurunan hingga 50 persen. Penurunan ini mulai dialami sejak Januari hingga Mei 2019.

"Kondisi saat ini khusus omzet karena mengukur pemasaran tetap dari omzet, jadi 40-50 persen sudah pasti," ujar Manajer Galeri KUKMM Belitung Sulaiman Ichsan, Rabu (26/6/2019).

Menurutnya, tingginya tarif penerbangan memang menjadi faktor utama anjloknya omzet beberapa bulan terakhir. Jika dibandingkan tahun lalu, saat periode low season atau musim sepi, Galeri KUMKM paling hanya mengalami penurunan omzet sekitar 10-15 persen saja.

"Kami perbaiki sistem desain produksi dan usaha dalam bentuk apapun tetap tidak bisa karena pasarnya wisatawan," katanya.

Menurutnya penurunan omzet di tempat tersebut dapat menjadi gambaran omzet para UMKM lainnya. Sehingga ia pun menyarankan kepada pelaku usaha agar bisa mengatur produksi sambil mengamati situasi dan kondisi yang sedang berlangsung.

Dalam artian mengamati secara bisnis dalam situasi ekonomi, sosial, sudah harus bisa diamati dari sekarang agar saat melakukan kegiatan produksi tidak mengalami kegagalan dalam memasarkan produk.

Kunci utama agar ekonomi kerakyatan ini bisa menggeliat lagi, menurutnya dengan mengembalikan harga tiket ke proporsi cukup murah, serta mengembalikan slot penerbangan ke Belitung seperti sediakala.

"Jangan murah lah, cukup murah. Kalau penerbangan cuman 45 menit, dikondisikan bagaimana harga sepantasnya. Dan agar mengembalikan slot seperti semula, kalau lalu ada 8 kali penerbangan, kemudian dengan kondisi seperti ini berkurang, empat kali penerbangan, saat tiket sudah murah, pemerintah kembalikan lagi slot penerbangan itu seperti biasa. Karena pasarnya wisatawan," tegas dia.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved