Berita Belitung

Status UNESCO Global Geopark akan Jadi Modal Terbesar Belitung

Dua asesor Jean-simon Pagès dan Dr. Andreas Schüller melakukan penilaian status Geopark Belitong agar menyandang status sebagai UNESCO Global Geopark

Status UNESCO Global Geopark akan Jadi Modal Terbesar Belitung
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Asesor UGG bersama Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mencicipi produk UMKM Belitung di Geosite Juru Seberang, Jumat (28/6/2019). 

POSBELITUNG.CO  - Dua asesor Jean-simon Pagès dan Dr. Andreas Schüller melakukan penilaian status Geopark Belitong agar menyandang status sebagai UNESCO Global Geopark. Di hari terakhir penilaian Jumat (28/6/2019), keduanya mengunjungi SD Negeri 17 Tanjungpandan dan datang ke Geosite Juru Seberang.

"Saya terkejut ketika dua asesor punya bahasa tubuh yang baik dan menurut saya Belitung dikaruniai Tuhan, selain alam dan segala keindahannya yang baik dan sempurna, ternyata cuaca selama asesor berkunjung juga baik. Saya pikir semua berjalan dalam rencana yang disiapkan, mudah-mudahan ini pertanda yang bagus juga," kata Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

Ia menambahkan kedua asesor memiliki cara menilai tersendiri sehingga pembenahan diri harus terus dilakukan, termasuk mempersiapkan hal terburuk sekalipun. Namun tak mengurangi optimisme bahwa status UGG bisa dicapai.

Capaian ini pun harus dilakukan bersama, baik pemerintah, komunitas, dan masyarakat harus kompak agar segala sesuatu menuju UGG dapat berjalan baik.

Selama menunggu pengumuman hingga April tahun depan, menurutnya kelestarian alam dan konsistensi harus dipertahankan.

"Memang yang terjadi kebanyakan di Indonesia jika asesor sudah pulang, kendor. Ketika revalidasi selanjutnya untuk meraih UGG nanti turun. Diingat loh ya, ketika meraih status UGG, bukan berarti semua bertahan abadi, itu bisa dicabut jika tidak bisa menjaga kelestarian alam dan konsistensi," jelas Isyak.

"Jadi penting untuk diingat bahwa ini awal, perjalanan masih panjang. Dengan meraih status UGG akan menjadi modal terbesar untuk membawa Belitung benar-benar take-off," tambahnya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved