Berita Pangkalpinang

1000 Bibit Mangrove Ditanam untuk Mencegah Banjir

Manfaat tanaman mangrove dapat mengurangi energi gelombang, bencana Tsunami dan juga berbagai macam manfaat lain bagi kehidupan.

1000 Bibit Mangrove Ditanam untuk Mencegah Banjir
Pos Belitung/Yuranda
Bupati Belitung H Sahani Saleh, didampingi oleh Sekda Belitung, Hendra Caya, meninjau Pohon Mangrove yang telah ditanam beberapa waktu lalu, Sabtu (29/06/2019) di HKM Gusung Bugis Seberang Bersatu, Juru Seberang, Tanjungpandan Belitung. 

‎POSBELITUNG.CO -  Kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove, Sabtu (29/06/2019) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya, upaya mitigasi atau pengurangan resiko bencana dalam bentuk penanaman pohon mangrove.

Kepala Bidang BPBD Sat Pol PP Kabupaten Belitung, Abdul Sani mengatakan manfaat tanaman mangrove dapat mengurangi energi gelombang, bencana Tsunami dan juga berbagai macam manfaat lain bagi kehidupan.

Pihaknya akan mengedukasikan pada  siswa-siswi sekolah dasar sampai menengah atas, terutama sekolah-sekolah yang berada di pinggir pantai. Misalnya sekolah yang ada di Tanjungpandan seperti SMAN 1, MAN, dan sekolah dasar menjadi prioritas untuk dilakukan edukasi, tentang penting dan kesadaran untuk menanam mangrove itu.

"Untuk penanaman mangrove ini sudah dikoordinasi kepada BPDASHL Kota Pangkalpinang. Mereka juga sudah melakukan pembibitan Mangrove di HKM Gusung Bugi juru seberang ini, mangrove ini nantinya akan kami cek setiap bulan, bila ada yang mati kita tanam kembali,‎" ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan dari pemerintah daerah antusias dengan hal ini.

"Kenapa harus menanam pohon? karena memang salah satu usaha mitigasi bencana salah satunya adalah mengembalikan habitat yang rusak dengan menanam pohon di sekitarnya,"ujar Mikron Antariksa

Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung rawan dengan banjir, menanam di spot pinggir pantai agar menghambat lajunya air yang masuk ke daratan sehingga air yang di daratan surut ketika terjadi banjir tanpa dipengaruhi dengan air laut yang pasang.

"Kemarin sudah dilaksanakan di Kabupaten Belitung Timur dengan penanaman bibit pohon mangrove, dan juga di Kabupaten Bangka. kami harapkan dengan adanya penanaman ini dapat mengurangi mitigasi atau pengurangan resiko bencana," katanya.

(Pos Belitung/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved