VIDEO: Icon Kota Tanjungpandan Kabupaten Belitung Masih Membingungkan

Pusat Kota Tanjungpandan merupakan suatu bagian terpenting di Kabupaten Belitung. Tempat tersebut merupakan suatu yang wajib, biasa di kunjungi oleh

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pusat Kota Tanjungpandan merupakan suatu bagian terpenting di Kabupaten Belitung. Tempat tersebut merupakan suatu yang wajib, biasa di kunjungi oleh wisatawan atau masyarakat lokal. Ditempat ini ada KV Senang, ada replika batu satam besar, ada pula bagian dari lambang ciri khas Pemerintah Kabupaten Belitung yaitu ikan dan parang, serta terdapat jam gede dibagian atas pusat perbelanjaan.

Namun belum diketahui pasti, hingga kini yang menjadi icon Kota Tanjungpandan, padahal usia kota Tanjungpandan saat ini sudah ke 181 tahun. Setiap tanggal 1 Juli Pemerintah Kabupaten Belitung selalu memperingati Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) dan peringatan itu sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda).

Sekarang ini, pembangunan di Pusat Kota Tanjungpandan tersebut sudah banyak mengalami perubahan dari tahun - tahun sebelumnya. Sekarang sudah terdapat bundaran dibagian tengah Jalan Raya yang menghubungkan berbagai kawasan. Dulu Pusat kota ini, merupakan lampu merah yang memiliki taman dan tugu pahlawan.

Perubahan tersebut, terjadi pada tahun 2014 lalu. Ketika itu Bupati Belitung H Darmansyah Husein memutuskan untuk melakukan perubahan total dari bangunan yang semula ada. Kali pertama yang berubah adalah KV Senang, ketika itu seluruh ruko yang ada ditempat tersebut dirobohkan, dan dibangun seperti kondisi sekarang. 

"Itu terjadi di satu tahun terakhir Bupati Belitung Darmansyah Husein, terus berbeda bulan kami sarankan memang harus ada tugu satam di Pusat Kota itu. Karena di Pusat Kota ini merupakan tempat bersejarah bagi pejuang - pejuang dulu," kata sejarahwan Rosihan kepada Posbelitung.co, sabtu (29/6/2019). (Posbelitung.co/Disa Aryandi) 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved