KPU Kabupaten Belitung Tunda Pleno Penetapan Perolehan Kursi DPRD, Ini Alasannya

KPU Kabupaten Belitung menunda penyelenggaraan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD kabupaten hasil Pemilu

KPU Kabupaten Belitung Tunda Pleno Penetapan Perolehan Kursi DPRD, Ini Alasannya
Pos Belitung/Dede Suhendar
Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar. 

POSBELITUNG.CO - KPU Kabupaten Belitung menunda penyelenggaraan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD kabupaten hasil Pemilu Serentak 2019.

Penundaan tersebut dikarenakan KPU RI belum menerima pemberitahuan resmi dari Mahkamah Konstitusi terkait pencatatan perkara dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) ‎sebagai dasar hukum penetapan ambang batas, perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR, DPD, DPRD provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Memang sebenarnya rencana rapat pleno itu tanggal 4 Juli, tapi ditunda karena alasan pemberitahuan resmi tadi. Saya sudah berkoordinasi dengan komisioner KPU daerah lain dan ternyata mereka juga sama menunda," ujar Divisi Teknis KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar kepada pos belitung, Kamis (4/7).

Akhirnya KPU RI menerbitkan surat edaran nomor 9846/PL.01.9-SD/03/KPU/VII/2019 terkait penetapan hasil Pemilu anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota 2019.

Menurut Aris dalam edaran tersebut‎, KPU RI menginstruksikan kepada jajaran KPU tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk menetapkan perolehan kursi dan calon anggota DPRD hasil Pemilu 2019 paling ambat lima hari setelah diterbitkan surat yang menyatakan bahwa KPU RI telah menerima surat panitera MK tentang daerah yang terdapat perselisihan hasil Pemilu (PHU).

Dalam artian, selama selang waktu lima tersebut panitera MK akan menyampaikan daftar kabupaten kota yang terdapat ‎PHU dari total 512 kabupaten kota yang ‎melaksanakan Pemilu Serentak 2019.

"Jadi bagi daerah yang tidak ada gugatan nanti secepatnya melakukan penetapan sehingga KPU tidak berbicara tentang ambang batas lagi. Kemungkinan tanggal 10 Juni nanti kami akan melakukan penetapan," ungkapnya.

(Posbelitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved