Pelatihan SDM Kepariwisataan 2019 Belitung Timur

GUNA meningkatkan SDM pemandu wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim menggelar pelatihan SDM Kepariwisataan Pemandu Wisata 2019

Pelatihan SDM Kepariwisataan 2019 Belitung Timur
ist/Pelatihan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan 2019 Belitung Timur
GUNA meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata di Kabupaten Belitung Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menggelar pelatihan SDM Kepariwisataan Pemandu Wisata 2019, 26-29 Juni 2019 di Guest Hotel 

GUNA meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata di Kabupaten Belitung Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menggelar pelatihan SDM Kepariwisataan Pemandu Wisata 2019, 26-29 Juni 2019 di Guest Hotel.

Kegiatan ini diikuti 20 orang peserta. Materi yang diberikan kepada peserta meliputi teknik kepemanduan, public speaking, English for guide, dan materi pengantar umum pemandu wisata.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan adalah pemandu wisata yang sudah mumpuni terjun ke lapangan. Selain itu, para peserta juga dibekali pengantar kebudayaan. mendampingi, mengevaluasi dan memberikan reward (penghargaan) kepada guide dan komunitas terbaik pada tahun 2019 ini.

Reward yang akan didapat nantinya, selain mendapatkan trofi dan uang tung Timur. “Karena sebagaimana kita ketahui bahwa SDM adalah kekuatan dasar atau modal awal pengembangan sebuah wilayah.

Dengan didukung siapnya SDM lokal, pengembangan baik pariwisata, perdagangan, perikanan, kelautan sebagainya semua akan siap,” kata Agus Pahlevi.

Dia berharap program tersebut tidak hanya sampai di sini, melainkan akan ada program-program berikutnya, seperti program upgrading, peningkatan knowledge dan sebagainya.. “Karena seorang pemandu juga harus paham mengenai budaya Belitung juga,” kata Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, yang juga PPK Pelatihan SDM, Peranciscus Aryanto, Rabu (3/7).

Menurut pria yang akrab disapa Frans ini, output (hasil) yang diiinginkan oleh Disbudpar Belitung Timur yakni, desa-desa yang ada di Beltim, khususnya yang memiliki tempat wisata, memiliki SDM pemandu wisata.

“Krena kami tahu para peserta ini berasal dari desa yang sudah memiliki objek wisata, jadi sudah ada guide lokal tersedia di desa tersebut,” ujar Frans.

Jangka panjangnya, lanjut Frans, Disbudpar Belitung Timur akan terus penghargaan, mereka juga akan difasilitasi untuk studi banding ke tempat wisata di luar Pulau Belitung.

Mereka diharapkan bisa menjadi contoh dan menjadi penggerak bidang wisata di desa masing-masing, serta bisa menerapkannya di komunitas mereka.

Seorang narasumber pelatihan pemandu pariwisata, Agus Pahlevi mengatakan, kegiatan peningkatan SDM pemandu wisata di Belitung Timur merupakan program yang bagus, terutama bagi pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Beli“Siap dengan skill, knowledge, dan attitude mereka. Ketiga hal ini dituntut dalam standar kompetensi kerja nasional sebagai pemandu wisata,” beber Agus Pahlevi. (adv/q5)

Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved