Memasuki Tahun Ajaran Baru, Kios Buku Dadakan Menjamur di Pasar Tanjungpandan

Akhir liburan sekolah sudah sampai penghujung, orangtua bersama anak-anaknya menyerbu penjual buku dan alat tulis untuk mempersiapkan

Memasuki Tahun Ajaran Baru, Kios Buku Dadakan Menjamur di Pasar Tanjungpandan
Pos Belitung/Yuranda
Penjual Buku di jalan gang kim thing pasar ikan Tanjungpandan, Belitung, Jumat (5/7/2019) 

Memasuki Tahun Ajaran Baru, Kios Buku Dadakan Menjamur di Pasar Tanjungpandan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Akhir liburan sekolah sudah sampai penghujung, orangtua bersama anak-anaknya menyerbu penjual buku dan alat tulis untuk mempersiapkan jelang ajaran baru.

Seperti terlihat di salah satu tempat di jalan gang kim thing pasar Tanjungpandan, yang terletak di trotoar jalan beberapa kios yang berjejeran di tempat itu, ini menjadi tempat bagi yang ingin mencari buku untuk keperluar sekolah.

Menjelang masuknya ajaran baru bagi anak sekolah, ternyata mengalami dampak pada peningkatan penjualan di beberapa kios buku.

Hendra alias Een penjual buku musiman, buka yang dijualnya sangat bervariasi mulai ada buku yang tebal, tipis, buju gambar, dan alat tulis lainnya.

"Buku-buku ini dijual mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 45.000 per pack, satu pak buku, berisi 10 sampai dengan 5 lembar buku tulis, pulpen Rp 3.000 sampai 5.000 satu pulpen," kata Een, kepada Posbelitung.co, Jumat (5/6/2019).

Dikatakan Een, tahun ini tidak sebanding tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya tahun ini mengalami penurunan omzet hampir 30 hingga 40 persen dari penjualan, sedangkan tahun kemarin ia mampu menjual sampai 300 pak dalam tiga hari.

"Iya sangat sepi, beda dengan dengan tahun kemarin. Apa karena kios penjual buku sudah banyak, kurang tau juga sih. Padahal harganya sangat standar," ucapnya.

Sementara itu, di pusat pembelanjaan Barata Tanjungpandan, berdasarkan pantauan Posbelitung.co, harga buku sangat bervariasi mulai dari Rp 39.000 sampai dengan Rp 45.000 per pak, dan juga Rp 25.000 sampai Rp 69.000, namun terdapat promo yang tertulis di setiap tumpukan buku tersebut, beli dua pak, gratis saru pak.

Semisalnya, membeli buku dua pak, dengan harga Rp 69.000 total harganya Rp 138.000, mendapatkan satu pak buku dengan harga yang sama.

Sama halnya dengan, Desi pembeli, di pusat pembelanjaan Barata Tanjungpandan, ia mengaku setip mencari perlengkapan sekolah selalu datang ketempat itu, selain harganya yang murah dan cukup lengkap, mulai dari tas, pena, pensil, buku tulis, buku belajar, dan atribut lainnya.

"Setiap ajaran baru, aku sinek terus. Lumayan lengkap, Selain ada promo juga, kita membeli cukup satu tempar saja, tidak kesana kemari hanya mencari barang, seperti pulpen misalkan, "katanya.

Menurutnya, banyak penjual buku yang mengambil kesempatan saat, tahun ajaran baru ini, ada juga dengan harga yang tidak sesuai dengan kualitas bukunya.

"Bukunya tipis, harganya lumayan mahal sih, menurut saya, "ucapnya. (Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved