Namanya Dikaitkan Dokumen Pajak Koperasi, Mula Akan Serahkan Koperasi ke Perangkat Desa

Kabid Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir berencana akan

Namanya Dikaitkan Dokumen Pajak Koperasi, Mula Akan Serahkan Koperasi ke Perangkat Desa
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Kantor Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, di Jalan Merdeka, Tanjungpandan, Jumat (5/7/2019). 

Namanya Dikaitkan Dokumen Pajak Koperasi, Mula Akan Serahkan Koperasi ke Perangkat Desa

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir berencana akan menyerahkan koperasi tersebut pada masyarakat dan perangkat desa agar dikelola komunitas masyarakat saja.

Ini dilakukannya pasca namanya dikaitkan dengan dokumen pajak koperasi tersebut, padahal ia tak memiliki kewenangan menyimpan dokumen apapun.

"Tugas kami memberikan bimbingan dan pembinaan, kami sudah sampaikan sudah maksimal, diberikan pembinaan, tapi pengelola dan masyarakat ini agak bagaimana, makanya ada rencana kami tidak usah dibentuk sebagai badan koperasi, akan diserahkan kepada kelompok masyarakat yang mengelola," ujarnya, Jumat (5/7/2019)

"Tapi rupanya setiap tahun ini ada gontok-gontokan antara pengurus periode dulu dan periode sekarang, makanya kami mengantisipasi ke depan, akan kami kembalikan ke desa. Nanti biar membentuk badan usaha," imbuh Mula.

Dalam waktu dekat, ia pun akan segera berkoodinasi dengan perangkat desa dan masyarakat, karena pembentukan Koperasi Plasma Sejahtera Bersama pun awalnya digagas pihak-pihak tersebut. Sehingga ia pun berencana mengembalikan lagi.

"Ini bagaimanapun tidak akan selesai, jadi untuk inti permasalahan tidak harus berbadan usaha koperasi, bisa BUMDES atau kelompok masyarakat bisa melaksanakan kemitraan," jelasnya.

Menurutnya, pembentukan awal koperasi tersebut dilakukan karena perusahaan PT AMA meminta agar membentuk koperasi. Lalu desa pun meminta pihaknya, sehingga dinas terkait lalu memfasilitasi hal tersebut.

"Berdasarkan perusahaan tidak harus koperasi, lembaga apapun bisa bekerjasama, tidak harus koperasi," tegasnya.(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved