Berita Belitung

Kucurkan Dana Rp 1,2 Milyar, Peserta Belitung Triathlon Didominasi dari Peserta Negara Asia

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung, Alkar mengatakan, kegiatan Belitung Triathlon Trifactor Asian Championship Series 2019

Kucurkan Dana Rp 1,2 Milyar, Peserta Belitung Triathlon Didominasi dari Peserta Negara Asia
posbelitung/adelina nurmalitasari
Mengayuh sepeda, puluhan atlet triathlon tiba di Bundaran Batu Satam, Tanjungpandan, Belitung. 

POSBELITUNG.CO-- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung, Alkar mengatakan, kegiatan Belitung Triathlon Trifactor Asian Championship Series 2019 yang diselenggarakan Minggu (7/7/2019) di Pantai Tanjung Tinggi depan Hotel Lorin Kabupaten Belitung, didanai dari dana APBD Kabupaten Belitung, yang ada di Dispora Kabupaten Belitung sebesar  Rp 1,2 milyar.

"Dana itu untuk membayar, honor panitia, pengamanan, kesehatan, peralatan dan lainnya, kurang lebih 1,2 milyar. memang dana dari dispora, menggunakan dana APBD yang ada di Dispora Kabupaten Belitung," kata Alkar, kepada Posbelitung,co  Sabtu (6/7/2019).

Menurutnya panitia  kegiatan tersebut melibatkan seluruh pegawai dispora sebagai panitia, sebanyak 34 orang dan untuk kedepannya, sesuai dengan petunjuk Bupati Belitung kepada Dispora Kabupaten Belitung.

"Bupati sudah mengutarakan, buat acara yang event Internasional ini lebih meriah lagi. Beliau minta lima kali lipat lebih meriah lagi, kegiatan-kegiatan yang seperti ini," katanya

Dispora sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini ini termasuk untuk membangkitkan dunia pariwisata. seperti kegiatan ini, merupakan kegiatan berolahraga sambil wisata.

"ini bukan olahraga berprestasi malahan olahraga berwisata. saya berharap, supaya belitung lebih dikenal dengan pariwisata, khususnya di bidang olahraga yang mendukung Pariwisatanya," ungkap Alkar.

Sedangkan,  peserta dari Belitung sendiri dalam mengikuti event ini menurutnya cukup banyak termasuk dari komunitas sepeda di Kabupaten belitung,yang sudah mendaftar sebanyak  450 peserta.

Didominasi Peserta dari Negara Asia

Ketua Panitia Belitung Triathlon Trifactor Asian Championship Series 2019, Soni Kaunang mengatakan, kebanyakan yang ikut dalam lomba ini, dari negara Asia karena merupakan ajang Asian Championship, tapi tidak terlepas juga  berasal dari luar Asia seperti negara Eropa Hungaria, dan Australia.

"Dominasi pesertanya dari Asia. Untuk tahun depan Bapak Bupati Belitung Sahani Saleh, sudah memberikan jaminan, bahwa tahun depan kita adakan lagi, dan akan dibuat lima kali lebih dari tahun ini," kata Soni.

Menurutnya  kuota untuk Triathlon Trifactor Asian Championship Series 2019, terbatas hanya 30 orang dari luarnya, sehingga pihaknya harus membuka daftar secara online. Namun di luar pemikiran, bahwa animonya sangat besar, mulai dari Sandiaga Uno, Kapolda Yogyakarta, dan Kapolres Belitung berserta jajarnaynya.

"Persiapan dari bulan Desember kemarin, mulai daru persemian, dan alhamdulilah acaranya tepat waktu, dan untuk acara puncaknya besok dimulai pukul 6 pagi, dan besok pagi kami juga kedatangan Gubernur Babel, Wakil Gubernur Babel, Kapolda Babel, Bupati Belitung,"  ungkap Soni.

Diakuinya. Sandiaga Uno,  dan pejabat lainnya mendaftar secara online, namun mereka tidak meminta fasilitas, dan benar-benar mendaftar sebagai perserta.

"Kurang lebih dua bulan lalu beliau sudah mendaftar, tepatnya pada bulan mei beliau sudah daftar," kata Soni.

Secara ke seluruhan perserta ada, 450 orang, pada hari ini 35 orang kategori Duathlon karena diseri ini adalah kategori khusus atlet elit, dan mereka ini akan belaga di Sea Game di Filipinan mendatang.(Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved