Berita Belitung

120 Calon Haji Belitung Siap Berangkat ke Tanah Suci, Kemenag Ingatkan Panas Cuaca Capai 40 Derajat

Sebanyak 120 calon Haji Kabupaten Belitung siap berangkat ke Tanah Suci, pada 14 Juli 2019 pukul 08.20 melalui emberkasi Palembang.

120 Calon Haji Belitung Siap Berangkat ke Tanah Suci, Kemenag Ingatkan Panas Cuaca Capai 40 Derajat
Pos Belitung/ Yuranda
Suasana Pengumpulan Koper Para Jamaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Senin (8/7/2019 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  -- Sebanyak 120 calon Haji Kabupaten Belitung siap berangkat ke Tanah Suci, pada 14 Juli 2019 pukul 08.20 melalui emberkasi Palembang. Sedangkan untuk keberangkatan dari Belitung ke Palembang, pada 13 Juli 2019, dari 120 Calon Haji diantaranya laki-laki 55 orang dan perempuan 65 orang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umro, Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Suyanto mengatakan pelepasan calon jemaah Haji dilaksanakan Kamis, 11 juli 2019 oleh Bupati Belitung. Jadwal hari ini calon haji mengumpulkan koper dan ditimbang.

"Mereka tidak boleh membawa barang-barang yang berbahaya, seperti senjata tajam dan korek dan barang lain sejenis cairan. Alhamdulilah untuk tahun ini, jemaah haji sehat semua, tidak ada yang sakit dan tidak ada juga yang membatalkan keberangkatan," kata Suyanto pada posbelitung.co, Senin (8/7/2019).

Sebelum berangkat ke Madinah para calon haji akan melakukan tahapan rekam giometrik untuk rekam retina mata dan sidik jari. Kemudian pemerikasan kesehatan kembali dan juga menerima 1,500 Riyal Arab Saudi, untuk biaya hidup selama 40 hari di Madina.

"Sebelumnya mereka sudah mengecek kesehatan disini, dari Dinas Kesehatan sudah beberapa kali melakukan cek kesehatan dan untuk yang terakhir kali di tanggal 10 juli 2019, ini ada lagi," tambahnya.

Panas Cuaca di Madinah Capai 40 Derajat

Suyanto menghimbau kepada Calon Haji agar mengantisipasi cuaca karena dari infomasi yang mereka dapatkan panas cuaca di Madinah mencapai 40 derajat. Diharapkan para jamah agar benar-benar menjaga kesehatan dan tidak keluar hotel jika tidak diperlukan.

Sedangkan untuk pendamping cuma satu orang tenaga kesehatan dari provinsi, dan untuk tahun ini peningkatan jemaah haji bertambah sebelumnya 103 orang dan tahun ini bertambah 120 orang.

"Belitung dan Belitung Timur termasuk dalam kloter ke delapan dengan empat karom dan setiap karom ada empat regu," katanya

Kemenag mengharapkan dengan pembekalan manasik haji yang sudah dilaksanakan para jemaah haji Belitung dan Belitung Timur. Dapat berjalan sesuai dengan dengan panduan dapat berjalan dengan baik.

"Kita juga mengharapkan seluruh jamaah dan menjaga kesehatan, dan kompak saling peduli sebagai jemaah Pulau Belitung ini,"katanya

(Pos Belitung/ Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved