Berita Belitung

Poltekpar Palembang Turut Kembangkan Desa Wisata Kreatif Terong dengan Strategi Digitalisasi

Desa Terong merupakan tempat bekas tambang timah yang dihuni oleh 700 Kepala Keluarga (KK), kini berubah menjadi asri dengan penyediaan homestay.

Poltekpar Palembang Turut Kembangkan Desa Wisata Kreatif Terong dengan Strategi Digitalisasi
IST/Dok Poltekpar Palembang
Suasana bimtek pengembangan Desa Wisata Kreatif Terong yang disampaikan narasumber yakni Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap di Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Sabtu (6/7/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang mengadakan bimbingan teknis pengembangan Desa Wisata Kreatif Terong, Kecamatan Sijuk, Sabtu (6/7/2019). Desa Terong merupakan tempat bekas tambang timah yang dihuni oleh 700 Kepala Keluarga (KK), kini daerah tersebut berubah menjadi asri dengan penyediaan homestay. Ada puluhan homestay serta bermacam keindahan alam yang bisa menjadi potensi pengembangan pariwisata.

Destinasi di Desa Wisata Kreatif Terong ini menjadi tempat praktik para mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang untuk mengembangkan sebuah destinasi yang dikelola masyarakat sekitar dengan strategi digital.

Menurut Direktur Poltekpar Palembang,  Zulkifli Harahap mahasiswa bisa belajar langsung dengan sumbernya di Desa Terong yang telah berkembang dan menjadi wisata unggulan Kabupaten Belitung saat ini.

”Belitung sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional, dan sekarang dipersiapkan menuju Geopark Global. Desa Terong bisa menjadi pendukung spirit Belitung menuju UNESCO Global Geopark atau UGG. Hal ini sangat bagus bagi mahasiswa menjadikan Desa Terong laboratorium praktek,” katanya dalam rilis yang diterima posbelitung.co, Senin (8/7/2019).

Tak hanya mahasiswa, dosen pun kata Zulkifli akan terlibat langsung dalam pengembangan Desa Wisata Terong. Hal ini dibutuhkan agar sistem pembelajaran dapat mengacu pada realitas lapangan. Baik dalam teori maupun praktek, serta tantangan yang dihadapi dalam dunia kepariwisataan.

Menurutnya, pengembangan Desa Wisata Terong Belitung oleh mahasiswa dan dosen Poltekpar Palembang berbasis digitalisasi. Terutama sektor pengelolaan destinasi hingga ke promosi produk atau jasa di daerah tersebut.

”Bagaimana Desa Terong dikelola akan didorong dengan digitalisasi. Begitu juga dengan promosi agar cakupannya lebih global. Kan Belitung akan menjadi UNESCO Global Geopark. Meski yang disuguhkan adalah wisata alam, tapi pengelolaan dan promosinya dilakukan secara digitalisasi,” imbuhnya.

Hal ini pun disambut PIC Desa Wisata Kreatif Terong Iswandi. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memang memerlukan bimbingan dalam upaya pengembangan kepariwisataan.

"Jadi adanya Poltekpar Palembang juga membantu, karena memang kami masih memerlukan peningkatan, terutama dari segi SDM (sumber daya manusia)," ucap dia.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved