PPDB Tingkat SMP Terjadi Penumpukan Pendaftar di Satu Sekolah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung melakukan rapat evaluasi terhadap penerimaan peserta didik baru (PPDB)

PPDB Tingkat SMP Terjadi Penumpukan Pendaftar di Satu Sekolah
Posbelitung/Dede Suhendar
Plt Kepala Dindikbud Kabupaten Belitung Paryanta. 

POSBELITUNG.CO - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung melakukan rapat evaluasi terhadap penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem zonasi bersama seluruh kepala sekolah SMP negeri, Selasa (9/7/2019).

‎Menurut Plt Kepala Dindikbud Paryanta dalam rapat tersebut tergambar penumpukan pendaftar pada satu sekolah yang cukup signifikan. Bahkan sudah jauh melebihi batas daya tampung sekolah tersebut.

‎"Penumpukannya di SMP Negeri 2 Tanjungpandan semua hampir 500 orang yang daftar, padahal daya tampungnya 192 siswa. Padahal kemarin itu tapi sekarang sudah penuh, SMP Negeri 7 Tanjungpandan masih kekurangan 57 siswa," ujar Paryanta.

Dirinya mengakui paradigma masyarakat terhadap sekolah favorit masih melekat pada SMP Negeri 2 Tanjungpandan.

Oleh sebab itu, kebijakan sistem zonasi bertujuan untuk pemerataan siswa sekaligus mutu dari sekolah itu sendiri.

Selain itu, kata dia, kesepakatan rapat tersebut jumlah penerimaan siswa tetap mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dimana jumlah siswa dalam satu kelas (rumble) untuk SD berjumlah 28 siswa dn SMP 32‎ siswa.

"Sekarang ini tetap sesuai dengan yang diumumkan kemarin, jadi belum ada penambahan. Kami masih menunggu sekolah-sekolah swasta terisi dulu sehingga terjadi pemerataan," katanya.

Paryanta menambahkan pihaknya sudah memprediksi perbandingan antara jumlah lulusan SD dengan daya tampung SMP.

Sehingga dirinya menegaskan bahwa Dindikbud akan memastikan tidak ada anak yang tidak dapat sekolah pada PPDB tingkat SMP tahun ajaran 2019.

(Posbelitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: PC Plus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved