Bupati Yuslih Lobi Jatah Jemaah Haji Beltim Ditambah

Melihat jatah jumlah calon jemaah haji asal Belitung Timur hanya 30an orang setiap tahunnya, menjadi perhatian pemerintah kabupaten Belitung Timur.

Bupati Yuslih Lobi Jatah Jemaah Haji Beltim Ditambah
Posbelitung/Suharli
Suasana Pelepasan calon jemaah Haji asal Belitung Timur di Ruang rapat Kantor Bupati Beltim. Kamis (11/7/2019) posbelitung/suharli 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR – Melihat jatah jumlah calon jemaah haji asal Belitung Timur hanya 30an orang setiap tahunnya, menjadi perhatian pemerintah kabupaten Belitung Timur, Yuslih Ihza. Hal itu ia sampaikan saat mendapatkan laporan dari kabag Kesra Setda Beltim Sarjana.

“Kalau seperti ini setiap tahun jatah hanya 30 orang, di beltim sendiri ada sekitar  600an yang sedang menunggu, kalau 30 orang bisa 20 tahun baru habis, belum yang baru mau daftar besok,” ujar Yuslih kepada posbelitung.co usai kegiatan pelepasan calon haji, Kamis (11/7/2019).

Menurut Yuslih Pemkab Beltim saat ini sedang berusaha melobi ke provinsi agar jatah calon haji asal beltim bisa bertambah, guna mempercepat keberangkatan calon jamah haji asal Beltim.

“Saya coba akan temui Pak Gubernur, tadi saya juga sudah membicarakan dengan Bapak kemenag Beltim, jadi biarlah kalaupun harus mengurusnya sampai ke Kementrian pusat tetap kami coba, itu baru 600an yang terdaftar belum kalau kita-kita ini mau daftar juga kan,” ujar Yuslih.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Beltim, Masdar Nawawi ditanya prihal kuota calon haji menjawab siap memfasilitasi untuk koordinasi dengan pihak provinsi hingga ke pusat.

"Kami pun mendukung adanya pihak pemerintah daerah dalam hal ini Bapak Bupati dengan instansi terkait untuk koordinasi dengan Bapak Gubernur, karena memang dari 7 kabupaten kota hanya Beltim jumlah jemaah sedikit," ujar Masdar.

Masdar juga mengemukakan, sebetulnya dalam penentuan porsi jamaah haji disesuaikan dengan jumlah umat Islam yang ada di kabupaten kota.

"Artinya kalau misal ada 150 ribu muslim yang di Beltim artinya ada 150 jamaah haji kita, hanya terkendala dengan proses sistem pendaftaran haji terpadu yang berangkat itu siapa yang daftar itu lah yang dilayani dahulu," ujar Masdar.

Dia pun mengimbau bagi umat muslim yang ada di beltim ketika sudah mampu melaksanakan (istitoah) jangan menunda-nunda. (Posbelitung,co/suharli)

 

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved