Masih Ada Desa di Tanjungpandan, Kabag Tapem : Kalau Kota Sudah Tidak Ada Lagi Desa

Peningkatan status Desa menjadi sebuah Kelurahan, seperti Desa Air Ketekok, Desa Air Saga, Desa Dukong, Desa Aik Pelembang Jaya

Masih Ada Desa di Tanjungpandan, Kabag Tapem: Kalau Kota Sudah Tidak Ada Lagi Desa

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Peningkatan status Desa menjadi Kelurahan, seperti Desa Air Ketekok, Desa Air Saga, Desa Dukong, Desa Aik Pelembang Jaya, Desa Air Raya dan Desa Air Merbau sudah sangat layak di ubah menjadi sebuah kelurahan.

Lantaran desa tersebut berada di wilayah kota Tanjungpandan.

Namun untuk membangun itu, harus ada tim pengkajian yang dibentuk oleh Camat Tanjungpandan.

Seharusnya numenklatur kota, sudah tidak ada lagi Desa di dalamnya. Sehingga seluruh wilayah administrasi tersebut harus kelurahan.

"Ya kalau kita berkaca dari Kabupaten lain, kalau Kota sudah tidak ada lagi Desa memang. Kalau di kita ini, baru sebatas wacana dan tidak keuntungan kelurahan itu tidak kalah dengan Desa. Tapi itu semua kembali lagi kepada keinginan masyarakat," ungkap Kabag Tapem Setda Pemkab Belitung Syamsudin kepada Posbelitung.co, Jumat (12/7/2019).

Kata dia, yang menjadi dilema dalam permasalahan ini adalah adanya dana Desa yang di anggarkan oleh Pemerintah Pusat. Namun untuk kelurahan sendiri, sekarang sudah diperkuat oleh anggaran Kelurahan kucuran dari Pemerintah Pusat.

"Itu sebetulnya kenapa dorongan button up itu sekarang kurang. Tidak dari warga dari perangkat Desa pun bisa sebetulnya, dan memang sekarang wacana itu belum ada, kalau disampaikan harus ada pengkajian," bebernya.

Namun untuk pembentukan kelurahan itu, tidak terlepas dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), lantaran masih ada moratorium. Sebab apabila masih ada moratorium, belum bisa mengubah status tersebut.

"Nah sekarang kami belum mengetahui kepastian moratorium itu sudah dibuka atau belum. Kami pernah ke kementerian dan bertemu dengan Kabupaten lain mengusulkan soal ini, memang belum ada keran itu dibuka oleh mereka. Tapi kami belum dapat informasi soal itu," pungkasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved