Mata Bermasalah Karena Sering Menatap Layar Komputer?

Saat ini banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk terus menatap layar komputer.

Mata Bermasalah Karena Sering Menatap Layar Komputer?
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Ilustrasi: Siswa SMP Negeri 2 Badau Belitung saat simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019, Jumat (14/12/2018). 

POSBELITUNG.CO - Saat ini banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk terus menatap layar komputer.

Padahal kebiasaan menatap layar komputer ini bisa menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi mata.

Tenang saja, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mejaga kesehatan mata meskipun sering menatap layar komputer.

Seperti yang diketahui, penggunaan komputer maupun gawai mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, termasuk dalam hal pekerjaan.

Berdasarkan suveri di Amerika Serikat, rata-rata waktu bekerja di depan komputer adalah 5,8 jam atau 69% dari total jam kerja (Wasisto, 2005), seperti yang dilansir dari academica.edu.

Salah satu risiko sering menatap layar komputer adalah Computer Vision Sindrome (CVS).

CVS merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya (Yanuar, 2009)

Bahkan, menurut Pascarelli (2004), sebanyak 60 juta orang menderita masalah mata dan jumlahnya meningkat 1 juta per tahun.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata kita meski sering bekerja di depan layar komputer.

Dilansir Grid.ID dari laman webmd.com, berikut 6 cara mudah untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat meski sering berada di depan layar komputer.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved