Pemprov Babel Siapkan 14 Beasiswa Kuliah, Berikut Persyaratannya

Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) bakal memberikan beasiswa perguruan tinggi luar daerah bagi pelajar

Pemprov Babel Siapkan 14 Beasiswa Kuliah, Berikut Persyaratannya
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Pelajar SMA Negeri 2 Tanjungpandan usai ujian nasional berbasis komputer (UNBK) beberapa waktu lalu 

Pemprov Babel Siapkan 14 Beasiswa Kuliah, Berikut Persyaratannya

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) bakal memberikan beasiswa perguruan tinggi luar daerah bagi pelajar dari keluarga tidak mampu.

Dikatakan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi ada 14 kuota yang disediakan bagi calon mahasiswa agar bisa kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Waktu pendaftaran pun dibuka mulai 20 Juni hingga 15 Juli 2019 dengan menyerahkan berkas pendaftaran di Kantor Dinas Pendidikan Bangka Belitung.

"Ada enam jurusan yang bisa dipilih, seperti pendidikan teknik boga, pendidikan teknik busana, pendidikan teknik mekatronika, pendidikan teknik mesin, pendidikan teknik otomotif, dan pendidikan teknik elektronika," ujarnya Jumat (12/7/2019).

Menurutnya, beasiswa pendidikan S1/DIV ini terdiri dari biaya pendidikan dan biaya kuliah.

Para calon mahasiswa yang bisa mendaftar pun harus merupakan penduduk Bangka Belitung yang dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) dan/atau kartu tanda penduduk (KTP), serta lulusan 2017, 2018, atau 2019.

Selain itu, calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu harus dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah atau kepala desa.

Selain itu, pelajar yang berniat mendapatkan beasiswa ini pun harus memenuhi persyaratan khusus seperti rata-rata nilai rapor dari semester I hingga V minimal 70. Juga memperoleh nilai hasil ujian nasional rata-rata minimal berkategori baik.

"Serta harus bersedia mengikuti pendidikan lanjutan untuk memperoleh profesi guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan bersedia menandatangani surat perjanjian kesanggupan menjadi guru SMK di Provinsi Babel," kata Adi.

"Nanti ada dua tahapan seleksi yang harus diikuti, mulai dari seleksi administrasi dan seleksi akademik. Jadi setelah lolos seleksi administrasi, dilanjutkan seleksi akademik oleh perguruan tinggi," imbuhnya.

Berikut ini rincian kuota beasiswa.
- Pendidikan Tata Boga: 2 orang
- Pendidikan Teknik Busana: 2 orang
- Pendidikan Teknik Mekatronika: 2 orang
- Pendidikan Teknik Mesin: 4 orang
- Pendidikan Teknik Otomotif: 2 orang
- Pendidikan Teknik Elektronika: 2 orang
(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved