Berita Belitung

125 Hektar Sawah di Danau Nujau Desa Gantung Kekeringan

Kawasan persawahan Danau Nujau, Desa Gantung, Kecamatan Gantung dilanda kekeringan seminggu belakangan ini.

125 Hektar Sawah di Danau Nujau Desa Gantung Kekeringan
Dokumentasi Dinas Pertanian
Sekretaris Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Trijaka saat meninjau lokasi areal sawah yang kekeringan di Danau Nujau, Kecamatan Gantung. Jumat (12/7) lalu 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Sebanyak 125 Hektar areal persawahan milik empat kelompok tani di Kawasan persawahan Danau Nujau, Desa Gantung, Kecamatan Gantung Belitung Timur dilanda kekeringan seminggu belakangan ini.

Guna mengantisipasi kekeringan berkalanjutan Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Belitung Timur membuat sudetan saluran pengairan dari kolong terdekat menuju saluran irigasi ke areal tersebut sejak Jumat (12/7) lalu hingga hari ini (14/7).

Sekretaris Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Trijaka saat ditemui posbelitung.co usai melakukan pemantauan menyampaikan penanggulangan kekeringan di persawahan Danau Nujau untuk musim tanam April-September 2019.

Berdasarkan laporan kelompok tani maupun peninjauan lapangan dari Dinas Pertanian dan holtikultura Kabupaten Belitung Timur, dalam pantauannya memang terjadi kekeringan untuk wilayah persawahan ke empat kelompok tersebut.

"Ada empat kelompok tani yang mengalami kekeringan dengan total luasan sebanyak 125 hektar, "ujar Trijaka kepada posbelitung.co, Minggu (14/7/2019)

Menurutnya antisipasi kekeringan sebenarnya dari Dinas pertanian sudah melakukan koordinasi dengan balai besar sungai wilayah bagian Sumatra Selatan.

"Namun demikian dikatakan olehnya bahwasanya proyek Balai Pengelolaan (BP) sungai baru akan berjalan minggu depan. Untuk kekeringan ini kan tidak bisa menunggu-nunggu waktu, karena tanaman padi juga terus bertumbuh dan membutuh air," ucap Trijaka.

(Pos Belitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved