Anak Minder, Takut atau Mogok saat Pertama Kali Masuk Sekolah? Begini Cara Mengatasinya

Hari pertama sekolah dapat menjadi pengalaman menyenangkan untuk anak. Berseragam baru, sepatu, tas, dan buku juga baru.

Anak Minder, Takut atau Mogok saat Pertama Kali Masuk Sekolah? Begini Cara Mengatasinya
Posbelitung/suharli
Ilustrasi: Anak-anak PAUD mengikuti lomba kreativitas mewarnai di komplek sekolah Muhammadiyah, Belitung Timur, (30/4/2018). 

POSBELITUNG.CO - Hari pertama sekolah dapat menjadi pengalaman menyenangkan untuk anak. Berseragam baru, sepatu, tas, dan buku juga baru.

Namun kegembiraan hari- hari pertama sekolah belum tentu akan dialami semua anak. Beberapa anak ada yang mengalami kegelisahan, takut, malu, minder, dan perasaan tidak nyaman lainnya.

Ada saja anak yang terpaksa harus ditunggui orangtuanya hingga beberapa hari bahkan sampai beberapa minggu. Inilah yang harus dipahami orangtua.

Hari-hari pertama masuk sekolah menjadi waktu rentan bagi siswa baru. Masa rentan itu biasanya terjadi antara satu hingga dua minggu di hari pertama sekolah.

Saat-saat itu anak sangat rentan mengalami suasana yang dapat membuatnya mogok sekolah. Orangtua jangan memarahi dan perlu memahami karena anak- anak harus beradaptasi dengan banyak hal baru.

Beberapa kasus ada anak ada yang mengalami perubahan sikap di masa rentan tersebut.

Seorang anak yang awalnya begitu antusias memasuki sekolah di hari pertama, namun seminggu bisa saja tiba-tiba mogok sekolah.

Untuk itu orangtua dan guru perlu memahami hal-hal yang dapat menjadi pemicu sehingga bisa mengantisipasi agar anak-anak tidak mengalami mogok sekolah.

Dilansir dari laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut 6 hal yang dapat menjadi penyebab anak mogok sekolah saat hari-hari pertama sekolah:

1. Tempat duduk

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved