Berita Belitung

Diharapkan Bisa Buka Lapangan Kerja, 12 Pelaku UKM Belitung Mengikuti Pelatihan di Medan

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, mengirim sebanyak 12 orang pelaku UKM

Diharapkan Bisa Buka Lapangan Kerja, 12 Pelaku UKM Belitung Mengikuti Pelatihan di Medan
Posbelitung/Yuranda
Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdaganganan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar 

POSBELITUNG.CO-- Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, mengirim sebanyak 12 orang pelaku UKM Kabupaten Belitung, untuk mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi, di Balai Besar Pengembangan dan Latihan Kerja (BBPLK) Medan Sumatera Utara, Senin (15/7/2019).

Pelatihan ini dalam bentuk kerjasama antara BBPLK Medan dangan Bidang Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, akan berlangsung selama satu bulan dengan sistem boarding (siswa menginap asrama). Siswa yg dikirim ini akan mengikuti pelatihan barista atau peracik kopi empat orang , perhotelan empat orang, dan pemandu wisata enam orang.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdaganganan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar, mengatakan, dengan adanya pelatihan ini ia mengharapkan, pelaku UKM agar bisa mandiri, dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

"Mereka berangkat, pada minggu (14/07/2019) kemarin. Kami memberikan pelatihan itu bukan untuk di tempatkan di pemerintahan, malahan mereka yang harus membuka lapangan pekerjaan," tegas  Adnizar, kepada posbelitung.co, Senin (15/07/2019).

Dikatakan, Adnizar, namun pemerintah juga memberikan saluran kalau mereka berkenan, untuk di seluruh Indonesia. Setelah pelatihan kalau mereka ingin bekerja di Jakarta atau tempat lainnya, pihaknya persilakan, tapi kebanyakan dari mereka, setelah melakukan pelatihan, akan membuka lapangan sendiri.

"Kita mengharapkan kedepannya, mereka tidak lagi mengharapkan kerja dari pihak ke tiga, jadi mereka menjadi wirausaha-wirausaha muda,"katanya.

Lebih lanjutnya, Adnizar mengatakan, program di tahun depan akan ada pelatihan seperti jaringan komputer, home stay, perhotelan, menjahit, dan dan ada berapa, pihaknya juga akan menjalinkan kerja sama dengan Balai yang ada di Banten, Balai Cimahi, dan Jawa Tengah Semarang.

"Untuk putra-putri Belitung agar salalu memikir untuk pembentuk daerah sendiri. Untuk pendaftaran yang ingin mengikuti pelatihan, langsung daftar ke Dinas Koperasi Usahan Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenang Kerja Kabupaten Belitung. Siapa yang berminat, dan sesuai dengan flat form yang ada balai, tersebut," imbau Adnizar. (Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved