Berita Belitung

Pemenang Lelang Kendaraan di BPKAD Belitung Harus Penuhi Syarat Ini Jika Tak Ingin Kena Denda

Pada lelang ini peserta yang ditetapkan sebagai pemenang harus memiliki kutipan risalah lelang, yang diberikan oleh KPK NL.

Pemenang Lelang Kendaraan di BPKAD Belitung Harus Penuhi Syarat Ini Jika Tak Ingin Kena Denda
Pos Belitung/Disa Aryandi
Lelang kendaraan yang berlangsung di kantor BPKAD Kabupaten Belitung, selasa (16/7/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Terdapat berbagai perihal penting yang harus diperhatikan oleh pemenang  lelang terbuka kendaraan sepeda motor di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung.

Kasi Penetapan UPT Samsat Tanjungpandan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dartianto mengatakan, pelaksaan lelang tersebut sepenuhnya sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2011 tentang pajak daerah dan Peraturan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ada dua jenis lelang yaitu lelang pemerintah dan lelang TNI-Polri. Namun yang harus diperhatikan pada lelang ini, peserta yang ditetapkan sebagai pemenang harus memiliki kutipan risalah lelang, yang diberikan oleh KPK NL.

"Kemudian harus mempunyai kwitansi lelang dari negara (panitia lelang) dan harus ada surat penghapusan dari BPKAD terkait aset itu. Itu semua dibutuhkan untuk membayar pajak kendaraan dan mutasi kendaraan," kata Dartianto, selasa (16/7/2019).

Seluruh pajak dan mutasi itu harus diurus paling lambat 30 hari setelah tanggal penetapan risalah lelang. Apabila peserta tidak mengurus dokumen itu lebih dari 30 hari, maka akan dikenakan denda bila ingin membayar pajak dan mutasi kendaraan. 

"Termasuk juga harus membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk). Kalau untuk balik nama kendaraan, tidak akan ribet seperti yang dibayangkan, dengan catatan semua lengkap. Tahun kemarin saja, ada kendaraan lelang tanpa BPKB dari sini (BPKAD), kami permudah dan kami bantu prosesnya," pungkasnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved