Berita Belitung

KPPBC Tanjungpandan Rangkul Distributor Rokok dan Vape Sosialisasikan Pentingnya Cukai

Kantor Pelayanan Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Tanjungpandan melakukan sosialisasi tentang cukai

KPPBC Tanjungpandan Rangkul Distributor Rokok dan Vape Sosialisasikan Pentingnya Cukai
Posbelitung/Dede Suhendar
Kepala KPPBC TMP C Tanjungpandan Duki Rusnadi beserta jajaran berfoto bersama reseller vape dan distributor rokok, Rabu (17/7/2019). po 

POSBELITUNG.CO-- Kantor Pelayanan Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Tanjungpandan melakukan sosialisasi tentang cukai dengan tema Legal Itu Mudah di La Lucia Boutique Hotel by Prasanthi Belitung, Rabu (17/7/2019).

Acara yang dikemas dalam bentuk ngopi senja itu, mengundang beberapa distributor rokok dan reseller yang menjual produk liquid vape.

Pada kesempatan itu, Kepala KPPBC TMP C Tanjungpandan Duki Rusnadi mengimbau agar menjual produk yang sudah memiliki pita cukai baik rokok maupun liquid vape.

"Kami mensosialisasikan pentingnya cukai, salah satunya pengenaan cukai untuk liquid vape. Pertama kami mulai dari para resellernya dulu," ujar Duki kepada posbelitung.co.

Ia menjelaskan terdapat tiga jenis produk yang dikenakan cukai, yaitu ethil alkohol, minuman mengandung ethil alkohol (MMEA) dan hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL).

Khusus untuk liquid vape yang tengah digandrungi kaum muda saat itu masuk dalam kategori HPTL dengan presentase cukai yang sudah ditentukan.

Sehingga dirinya mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan liquid yang berpita cukai resmi dalam artian produk legal.

Bahkan beberapa waktu lalu, kata Duki, jajarannya sempat menyita 27 botol liquid vape yang tidak berpita cukai.

"Tapi memang yang punya ini tidak mengerti, jadi dia tidak tahu, beli secara online dan yang jual juga tidak menjelaskan. Nah jadi melalui kegiatan ink kami jelaskan semua bagaimana pita cukai yang benar dan lainnya," kata Duki.

Ia tak menampik saat ini vape tengah menjadi trend di kalangan remaja dengan racikan liquid yang berbagai macam.

Oleh sebab itu, dirinya merencanakan untuk membuat event bersama vape store di Belitung dalam rangka sosialisasi.

Dirinya berharap beberapa vape store di Belitung dapat menjadi perpanjangan tangan untuk mengedukasi masyarakat menggunakan produk resmi berpita cukai.

"Sekaligus nanti kami buat asosiasi vape store di Belitung. Mudah-mudahan ke depan semua bisa menggunakan vape yang legal bercukai dan juga aman,"imbau Duki.

Selain itu, Duki juga mengimbau masyarakat membeli rokok yang berpita cukai resmi dan distributor menyediakan rokok yang sesuai aturan. (Bangkapos.com/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved