Berita Belitung

Bank Indonesia dan Pemkab Belitung, Dorong UMKM ke Dunia Digital

Bank Indonesia akan mendorong pelaku UMKM Kabupaten Belitung, untuk berperan diekonomi digital.

Bank Indonesia dan Pemkab Belitung, Dorong UMKM ke Dunia Digital
Posbelitung/Yuranda
Suasana kegiatan Babel Economic Forum 2019 yang bertema Peran Ekonomi Digital dalam mendorong Pertumbuhan ekonomi di Daerah, Kamis (18/7/2019) di Hotel Bw Suite Belitung.‎ 

POSBELITUNG.CO-- Bank Indonesia akan mendorong pelaku UMKM Kabupaten Belitung, untuk berperan diekonomi digital.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika Sukmaderajat, Kamis (18/7/2019) di Hotel Bw Suite Belitung.

Dalam kegiatan Babel Economic Forum 2019 yang bertema Peran Ekonomi Digital dalam mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Daerah, Tantan mengatakan, tujuan kegiatan ini, Intinya mendorong perekonomian Babel, secara otomatis pertumbuhan ekonomi nasional akan meningkatkan dan meningkatkan kesejateran masyarakat.

"Seperti sudah saya sampaikan UMKM ini 99,9 persen berpeluang. Kalau kita sudah bisa memfasilitasi dan menjembatani, otomatis pertumbuhan ekonomi akan lebih bagus. Pertahanan ekonominya lebih baik, dan ekspornya akan lebih besar lagi,"  jelas Tantan, kepada Pos Belitung, Kamis (18/7/2019).

Lebih lanjut, Tantan mengatakan, seperti sudah dilihat, bahwa potensi UMKM sangat besar, dan mempengaruhi situasi ekonomi global, nasional dan ragional. Ia juga memikirkan bagaimana UMKM bisa go ekspor, dan bisa berkontribusi terhadap ekpor.

"Tapi sebelum masuk kesana, teman-teman UMKM, untuk UMKM -ya harus berpotensi dan sukses terlebih dahulu. Kita harus bisa hijrah ke digital, karena kita melihat perkembangan digital sangat pesat sekali, di Pulau Jawa,"katanya

Sedangkan di Pulau Babel, ini harus didorong lagi sehingga, diharapkan UMKM, bisa memperoleh akses pasar yang jauh lebih besar. Dengan adanya program seperti ini, ada berberapa keterbatasan, untuk mengatasi hal itu, pihak BI akan bekerja sama dengan Dinas Koprasi UMKM dan Ketenaga Kerja Kabupaten Belitung.

Menirutnya,, program ini akan pihaknya dan Dinas Koprasi UMKM dan Ketenaga Kerja Kabupaten Belitung, untuk, mengedukasi kepada UMKM tentang dunia teknologi, agar para UMKM tahu cara perkembangan teknologi.

"Mereka perlu bimbingan tentang e-commerce yang ada saat ini, dan cara penggunaannya juga. Baik e-commerce lokal di Babel maupun e-commerce Nasional, Ini tantangan tersendiri, disamping itu infrastruktur sudah ada. Tapi cara bagaimana mereka bisa menggunakannya ini harus dijawab,"ungkap Tantan..

Ada beberapa UMKM yang sudah tahu dan mereka langsung menggunakan e-commerce itu sendiri, dan ada beberapa UMKM sudah masuk ke e-commerce. Untuk itu pihaknya dan Dinas Koprasi UMKM dan Ketenaga Kerja Kabupaten Belitung, akan menarik UMKM yang lainnya agar ikut masuk ke e-commerce.

Untuk e-commerce pihak BI kerja sama Dinas Koperasi UMKM dan Ketenaga Kerja Kabupaten Belitung, masih melakukan pemetaan, karena sebenarnya ini sudah masuk dalam lingkup dinas koperasi.

"Dari sisi BI, kita menginginkan Maping atau pemetaan, karena kita akan mencari UMKM mana yang berpotensi, dan mana yang sukses, UMKM mana yang sudah siap kita digitalkan, dan UMKM mana yang sudah siap untuk kita dorong untuk ekspor nya," katanya

Untuk itu, pihaknya juga harus punya data dulu, sehingga mengetahui mana-mana UMKM yang siap, dan pada saat hasil Maping ini harus tindak lanjut, dan harus di dorong bagaimana menjadi sukses. Peran dorongan dari sisi Bank Indonesia untuk mendorong UMKM ini, yang paling utama.

"Yang pertama kita harapkan untuk pelaku bisnis, agar memanfaatkan peran digital yang saat ini sudah berkembang. Kalau kita tidak bisa memanfaat ini akan jauh tertinggal, dan harus ada tidak lanjut berikutnya, mana yang sudah siap di on bording menjadi digital,"saran Tantan.

Menurutnya,  tidak semua UMKM harus didigitalkan, yang didorong ke dunia digital adalah UMKM yang sukses. Kalau UMKM yang berpotensi harus didorong dulu menjadi UMKM yang sukses. ‎(Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved