Berita Belitung

Festival Desa Wisata Ajang Unjuk Kreasi dan Potensi

Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mengadakan kegiatan Festival Desa Wisata yang akan dilangsungkan pada 18 hingga 21 Juli 2019

Festival Desa Wisata Ajang Unjuk Kreasi dan Potensi
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pameran pada Festival Desa Wisata di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kamis (18/7/2019). 

POSBELITUNG.CO-- Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mengadakan kegiatan Festival Desa Wisata yang akan dilangsungkan pada 18 hingga 21 Juli 2019 di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk.

Pada festival ini, masyarakat maupun wisatawan dapat menyaksikan pameran produk desa wisata atau komunitas masyarakat, serta hiburan tradisional dan lomba pantun.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto, mengatakan, festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini memberikan ruang kepada desa-desa, khususnya yang berstatus desa wisata untuk berani menunjukkan potensi-potensi yang dimiliki.

"Juga ruang untuk berkreasi karena di festival ini untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, karena bukan hanya expo, tapi juga sepanjang kegiatan ini akan diadakan seminar, forum group discussion (FGD), dan workshop," jelasnya seusai pembukaan festival tersebut, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, event ini pun juga sebagai rangsangan bagi desa lain yang belum berstatus desa wisata, agar segera menjadi desa wisata karena itu juga sejalan dengan program Bupati dan Wakil Bupati yakni satu desa satu destinasi.

Hermanto mengatakan, syarat agar menjadi desa wisata yang jelas harus memiliki daya tarik. Daya tarik bisa berupa daya tarik alam, budaya atau kombinasi keduanya, bahkan bisa merupakan daya tarik buatan.

"Sebagai contoh danau kaolin kan daya tarik buatan, tapi kalau bisa dikelola dengan baik bisa menjadi destinasi wisata," imbuhnya.

Selain itu harus ada keinginan dari desa untuk menggali potensi yang ada agar dijadikan penggerak ekonomi masyarakat.

Untuk itu pihakya akan memfasilitasi dalam bentuk pembinaan. Namun membentuk desa wisata menurutnya bukan paksaan, karena memang harus inisiatif dari desa masing-masing, sehingga kreativitas harus dimunculkan.         (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved