Berita Belitung

Penjual Hewan Kurban di Kabupaten Belitung Mulai Ramai Jelang Hari Raya Idul Adha

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, penjual hewan kurban yakni kambing dan sapi mulai menjamur

Penjual Hewan Kurban di Kabupaten Belitung Mulai Ramai Jelang Hari Raya Idul Adha
Posbelitung/Yuranda
Suasana kandang hewan kurban di Jalan Anwar Kelurahan Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Jumat (19/7/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, penjual hewan kurban yakni kambing dan sapi mulai menjamur di sejumlah tempat di Kabupaten Belitung.

Seperti Nase satu diantara penjaga dan pelayan penjualan hewan kurban, milik Sam Daging, di Jalan Anwar Kelurahan Pangkal Lalang, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, mengatakan, untuk harga sapi saat ini, berkisar harga Rp 17 Juta ke atas, sedangkan kambing sekitar Rp 2 juta-an tergantung besar kecil hewannya.

"Kalau kambing yang sedikit kecil berkisar Rp 2 juta, untuk kambing yang paling besar sementara ini, sekitar Rp  6 juta," kata Nase, kepada Posbelitung.co, Jumat (19/7/2019).

Sedangkan, sapi harganya tidak tentu, tergantung peminat yang kurban. Ada yang besar dan kecil, harga untuk sapi sangat bervariasi tergantung, yang ingin berkurban diharga berapa.

"Disini ada sapi dengan harga Rp 40 juta dan Rp 50 juta juga ada, tergantung niatnya mau kurban yang diharga berapa. Kita akan siapkan, dari harga yang standar dan yang paling tinggi harganya," ungkap Nase.‎

Menurutnya, untuk di tahun 2018, hewan kurban yang terjual, kambing sekitar 300 ekor, sedangkan sapi 100 ekor lebih. Namun untuk tahun 2019, belum terjadi penjualan, dikarenakan masih lama menjelang hari raya Idul Adha 1440 H. Untuk  hewan kurban yang ‎datang saat ni sekitar 200 ekor.

"Sapi sekitar 20 ekor, bakal datang lagi sekitar tiga sampai empat hari lagi kurang lebih 50 ekor. Sedangkan untuk kambing sendiri kurang lebih sekitar 180 ekor yang ada disini," katanya.

Ia bekerja sebagai penjaga dan pelayan penjualan hewan kurban sudah lama, namun kalau pemiliknya sudah puluhan tahun berjualan hewan kurban.

Sama halnya dengan, Pak Mus, penjaga dan pelayan hewan kurban milik Wendy Daging, di Jalan Pangeran Diponegoro, Pangkal Lalang, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, mengatakan, kalau harga hewan kurban saat ini sangat bervariasi tergantung besar kecilnya, biasanya akan naik menjelang dua sampai tiga hari, menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H.

"Untuk kambing besar harga sekitar Rp 4,5 juta, dan sedangkan kecil sekitar Rp 3 juta, itu juga tergantung dengan bos. Kami disini cuma penjaga dan pelayan juga, bila ada yang ingin membeli kami langsung hubungi bos, untuk nego harga tergantung beliau, dan pembeli," jelas Pak Mus.

Dikatakannya jumlah kambing saat ini 100 ekor, dan sapi ada empat ekor. Untuk sapi yang dijual menurutnya harga kisaran Rp 20 juta ke atas, tergantung dengan besar kecil sapi tersebut.(Posbelitung/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved