Berita Belitung

Satpol PP Imbau Warga Tidak Melakukan Pembakaran Sampah Atau Rumput Saat Musim Kemarau

Pemicu kebakaran lahan, salah satunya akibat dari pembakaran sampah ataupun rumput oleh masyarakat.

Satpol PP Imbau Warga Tidak Melakukan Pembakaran Sampah Atau Rumput Saat Musim Kemarau
Posbelitung/Disa Aryandi
Abdul Sani 

POSBELITUNG.CO-- Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah maupun rumput. Peringatan ini disampaikan mengingat Negeri Laskar Pelangi sekarang sedang dilanda musim kemarau.

Pemicu kebakaran lahan, salah satunya akibat dari pembakaran sampah ataupun rumput oleh masyarakat. Apabila warga ingin melakukan aktivitas pembakaran, diminta untuk menjaga jarak dari lahan kosong, lantaran kebakaran lahan saat ini sering terjadi.

"Minggu-minggu sering terjadi, kami minta kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran, terutama di area hutan. Karena ini sudah mulai memasuki musim kemarau," kata Kepala BPBD Satpol PP Kabupaten Belitung Abdul Sani kepada Posbelitung.co, Jumat (19/7/2019).

Pihaknya  tidak melarang warga untuk melakukan pembakaran sampah maupun rumput, namun kewaspadaan harus ditingkatkan. Misalkan ketika melakukan pembakaran sampah atau rumput, api harus tetap dijaga dan jangan ditinggal setelah menyalakan api.

"Kalau sudah melakukan pembakaran pun, tolong api nya dimatikan dan di pastikan api mati total. Kemudian kami melihat, kebakaran lahan ini juga karena putong rokok yang dipicu oleh angin, nah ini juga kami minta kepada masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok," imbau Abdul Sani. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved