Berita Belitung

Tanaman Sayur Justru Bagus Saat Musim Kemarau

Musim kemarau seperti saat ini tak selalu berarti buruk bagi pemilik kebun sayur, misalnya di Kelompok Agrowisata Aik Pok Bersatu

Tanaman Sayur Justru Bagus Saat Musim Kemarau
Posbelitung.co/adelina nurmalitasari
Ketua Kelompok Agrowisata Maulidi saat berada di bedeng tanaman seledri di Kawasan Agrowisata Aik Pok Bersatu Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Jumat (19/7/2019). 

POSBELITUNG.CO-- Musim kemarau seperti saat ini tak selalu berarti buruk bagi pemilik kebun sayur, misalnya di Kelompok Agrowisata Aik Pok Bersatu, Desa Terong, Kecamatan Sijuk. Di lahan seluas tujuh hektare ini terlihat tanaman seledri, bawang, dan bayam yang menghijau.

Sedangkan di sisi lainnya terdapat beberapa bedeng yang siap ditanami tanaman hortikultura seperti sayur-sayuran.

"Sebenarnya kalau air cukup, tanaman sayur lebih bagus saat musim kemarau sekarang, tumbuhnya lebih efektif," jelas Ketua Kelompok Agrowisata Maulidi saat ditemui Posbelitung.co, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya saat cuaca panas, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat. Jika biasanya waktu yang dibutuhkan hingga masa panen selama 25 hari, kini dalam rentang waktu 20 hari tanaman sayur sudah bisa dipanen. Ini disebabkan karena tumbuhan menerima sinar matahari yang cukup.

Selain itu saat musim panas, jumlah air yang diberikan pada tanaman pun akan lebih mudah dikontrol.

Justru, kata dia, saat musim penghujan biasanya gagal panen terjadi. Tingginya curah hujan akan membuat tanah yang ditumbuhi tanaman cenderung asam, sehingga sayuran pun tumbuhnya tidak bagus.

Meski begitu, memang saat musim kemarau dan kekurangan air pun pernah terjadi, sehingga proses penanaman sayuran pun dihentikan.

"Tapi kalau sekarang kami juga ada bantuan Dinas Pertanian, embung dan irigasi, alhamdulilah, jadi masih ada air. Kami tinggal mengangkut air menggunakan pompa mesin robin," tutur Maulidi. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved