Berita Belitung

Dana Bantuan Parpol Sudah Cair, Untuk Pencairan LPJ Harus Clear dari Temuan BPK

Semua anggaran bantuan parpol yang terparkir di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belitung,Sabtu (20/7/2019) sudah bisa dilakukan pencairan

Dana Bantuan Parpol Sudah Cair, Untuk Pencairan LPJ Harus Clear dari Temuan BPK
Pos Belitung/Dedy Qurniawan
Kepala Kesbangpol Belitung Ahyat AD. POS BELITUNG/DEDY QURNIAWAN 

POSBELITUNG.CO--  Semua anggaran bantuan partai politik (parpol) yang terparkir di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belitung, sabtu (20/7/2019) sudah bisa dilakukan pencairan. Namun catatan pencairan bantuan parpol yang menggunakan APBD Kabupaten Belitung ini, bukan tanpa syarat.

Dipelaporan penggunaan anggaran tahun 2018 sebelumnya, seluruh laporan pertanggung jawab (LPJ) harus clear dari temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). BPK sendiri beberapa waktu lalu sudah melakukan pemeriksaan tentang penggunaan keuangan bantuan parpol tersebut.

Alhasil, BPK menemukan permasalahan dalam pelaporan ini. Namun temuan itu hanya bersifat administratif, dan sebagian sudah dalam proses perbaikan, sehingga bisa melakukan pencairan anggaran bantuan parpol tahun 2019 ini, dari bulan Januari - September 2019 mendatang.

"Jadi kalau masalah temuan BPK itu, ada semua di parpol. Tapi hanya bersifat adminsitratif saja, sehingga harus di tindaklanjuti kedepan. Misalkan terkait tiket pesawat tidak lengkap, tetap BPK memiliki keyakinan mereka berangkat, nah itu dibuatkan surat pernyataan, jadi perihal semacam itu," ungkap Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Belitung Ahyat kepada Posbelitung.co, Sabtu (20/7/2019).

Anggaran bantuan parpol tersebut, sesuai dengan hasil pemilihan umum (pemilu) tahun 2014 lalu. Pencaiaran anggaran hanya dilakukan sembilan bulan, lantaran di Bulan Oktober 2019 nanti akan menggunakan sistem hitung suara pemilu 2019 ini.

"Pencairan juga sesuai dengan ketentuan administratif, apa yang di syaratkan oleh peraturan itu harus dipenuhi. Kalau misalkan ada temuan BPK tadi harus di tindaklanjuti. Apabila sudah clear, maka bisa dilakukan pencairan, sebab itu adalah objek pemeriksaan BPK," ucapnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved