Breaking News:

Berita Belitung

Begini Kata Ahli Geologi Terkait Patahan 3,3 Kilometer di Perairan Selat Nasik

Informasi adanya patahan sepanjang 3,3 kilometer (Km) diperairan Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Pos Belitung/Dede Suhendar
Pulau Sumedang Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO-- Mahasiswa Strata III School Of Mining Engineering University Of The Wutwarerstand, Johannesburg South Africa Veri Yadi menanggapi tentang informasi adanya patahan sepanjang 3,3 kilometer (Km) diperairan Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Terkait patahan sepanjangan 3,3 Km itu, kata Veri Yadi, harus dilihat dari peta lempeng minor di kawasan sundaland. Cukup banyak riset tentang wilayah tersebut, yang pernah dilakukan oleh ahli terdahulu seperti Prof Ian Mac Calfe dari University of New England, Prof Charles Hutchinson, Prof Robert Hall dari Royal Holloway University of London dan Prof Sabin Zahirovic dari University of Sydney).

"Jadi itu harus dilihat dari lempeng minor. Nah saya dari ahli tersebut lebih tertarik dengan Prof Sabin Zahirovic. Itu semua menjawab semua pertanyaan, bahwa tidak pernah terindentifikasi dan apa dasarnya," kata Veri Yadi kepada Posbelitung.co, Senin (22/7/2019).

Kata Veri Yadi, ahli-ahli geologi tersebut tidak pernah mengindentifikasi terhadap patahan tersebut. Sehingga sumber dari asumsi patahan ini, menjadi bahan pertanyaan orang banyak.

"Nah sumber ini melihat dari data batrimetri, ada garis lurus terus garis itu disimpulkan patahan oleh nara sumber. Seharusnya tidak seperti itu, kita tidak tau garis itu apa, tapi dari ahli - ahli tidak mengindentifikasi tersebut," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved