Advetorial

Desa Mentawak Deklarasi Desa Open Defecation Free

Desa Mentawak, Kecamatan Kelapa Kampit, mengadakan deklarasi stop buang air besar sembarangan (BABS) atau open defecation free (ODF)

Desa Mentawak Deklarasi Desa Open Defecation Free
ist/Desa Mentawak Deklarasi Desa Open Defecation Free
Desa Mentawak, Kecamatan Kelapa Kampit, mengadakan deklarasi stop buang air besar sembarangan (BABS) atau open defecation free (ODF), di halaman Kantor Desa Mentawak, Senin (22/7) 

POSBELITUNG.CO-- Desa Mentawak, Kecamatan Kelapa Kampit, mengadakan deklarasi stop buang air besar sembarangan (BABS) atau open defecation free (ODF), di halaman Kantor Desa Mentawak, Senin (22/7/2019).

Deklarasi dihadiri, Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin, Asisten II Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Khaidir Lutfi, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Belitung Timur Yulhaidir, Kabid Binkesmas DKPPKB Belitung Timur Dianita Fitriani, Kabid P2P Dinas Kesehatan Belitung Timur Supeni, Danramil 414-05/Kelapa Kampit Kapten Inf Safrudin, Kepala Puskesmas kelapa Kampit drg Meysty Putiri Ranna, Camat Kelapa Kampit Syahril, Kepala Desa Mentawak Dairobi S, berserta tamu undangan lainnya.

Pemukulan gong oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Belitung Timur Khaidir Lutfi, menandai peresmian Desa Mentawak sebagai desa ODF.

Desa Mentawak merupakan desa ke-13 yang mendeklarasikan ODF dari 39 desa yang ada di Kabupaten Belitung Timur.

Khaidir Lutfi mewakili Bupati Belitung TimurYuslih Ihza berharap, penyelenggaraan pembangunan desa dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan lingkungan.

Di antara wujud nyatanya berupa penyiapan Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang terdiri dari lima pilar. Yaitu stop buang air besar sembarang, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga, serta pengolahan limbah cair rumah tangga.

"Desa ODF diharapkan sebagai Desa STBM yang merupakan cikal bakal dari terwujudnya kabupaten sehat,” ucap Khaidir dalam sambutannya.

Melalui pendekatan desa STBM ini juga diharapkan dapat menimbulkan kesadaran bahwa sanitasi adalah masalah bersama sehingga pemecahannya juga harus dilakukan secara bersama dan terintegrasi antara masyarakat, pemerintah desa dan daerah.

“Perlu diketahui bersama bahwa pencapaian akses sanitasi di Kabupaten Belitung Timur saat ini 90,85 persen dan akses air bersih 75,01 persen. Tentunya hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama serta sangat diperlukan kerja keras kita semua untuk mencapai universal akses,” kata Khaidir.

Kepala DKPPKB Belitung Timur Yulhaidir mengatakan ini merupakan konsep hidup gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), di mana ODF sebagai satu di antara tolak ukurnya.

“Jadi daerah yang sudah ODF paling tidak sanitasinya sudah baik, perilaku hidup sehatnya sudah berjalan, harapannya penyakit bisa berkurang,” ujar Yulhaidir.

Dia pun menargetkan pada tahun 2019 akhir, 20 desa sudah ODF dan pada tahun 2021 semua desa di Kabupaten Belitung Timur ditargetkan ODF.

Kepala Desa Mentawak Dairobi mengatakan, guna mendukung ODF Pemerintah Desa Mentawak memberikan bantuan pembangunan 39 jamban pada tahun 2019.

“Untuk pembangunan jamban sendiri, selain dari desa, kami juga meminta bantuan dari pihak ketiga, yang ada keterkaitannya dengan Desa Mentawak. Pada 2020 kami akan tuntaskan kepada masyarakat Desa Mentawak yang tidak memiliki jamban,” kata Dairobi, yang juga menekankan agar deklarasi ODF tidak hanya sekedar ceremonial saja.

Deklarasi ODF dipimpin oangsung oleh Kades Mentawak, diikuti oleh semua warga desa yang hadir dalam kegiatan tersebut. Pada kegiatan tersebut juga diadakan pemeriksaan kesehatan oleh pihak Puskesmas Kelapa Kampit, bazar sayur mayur hasil kebun masyarakat Desa Mentawak, pembagian hadiah lomba lingkungan bersih dan sehat, serta lomba perilaku hidup bersih dan sehat se-Desa Mentawak. (adv/q5)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved