Berita Belitung

Penjelasan Ahli Gempa dan Sesar Aktif Badan Geologi Kementerian ESDM, Terkait Patahan Tektonik

Informasi tentang patahan tektonik sepanjang 3,3 kilometer (km) di Selat Nasik, Kabupaten Belitung masih harus dilakukan kajian lebih lanjut

Penjelasan Ahli Gempa dan Sesar Aktif Badan Geologi Kementerian ESDM, Terkait Patahan Tektonik
Thekidswindow
Ilustrasi gempa tektonik 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ahli Gempa dan Sesar Aktif, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Supartoyo mengatakan, informasi tentang patahan tektonik sepanjang 3,3 kilometer (km) di Selat Nasik, Kabupaten Belitung masih harus dilakukan kajian lebih lanjut.

Lantaran, belum tentu semua sesar atau patahan tersebut tergolong aktif. Sebab berdasarkan aktivitasnya, sesar terbagi menjadi tiga yaitu sesar aktif, sesar potensi aktif, dan sesar tidak aktif.

"Yang sebagai sumber gempa adalah sesar aktif dan potensi aktif. Tapi dari data dari Pusgen (pusat studi gempa nasional) tahun 2017, tidak memasukkan sesar Selat Nasik sebagai sesar aktif," kata Supartoyo kepada posbelitung.co, selasa (23/7/2019).

Catatan dari Badan Geologi juga, lanjut dia, tidak atau belum ada kejadian gempa merusak di daerah tersebut. Karena itu masih merupakan hipotesis yang perlu untuk pembuktian, apakah memang ada sesar tersebut.

"Kalau ada, apakah merupakan sesar aktif? Menurut saya tidak perlu khawatir, justru sebaiknya Pemerintah Provinsi atau Kabupaten terdekat melakukan kajian tentang kemungkinan adanya sesar tersebut sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 24 tahun 2007 dan Undang-Undang nomor 26 tahun 2007?," pungkasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved