Berita Belitung

Musim Panas Warga Buku Limau Andalkan Air Minum dari Manggar

Air penyulingan mereka saat ini dalam kondisi rusak. Selain itu musim panas yang terjadi di Belitung Timur Juga berdampak di Pulau Buku Limau

Musim Panas Warga Buku Limau Andalkan Air Minum dari Manggar
Pos Belitung/Suharli
Satu diantara warga Desa Pulau Buku Limau membawa dirigen untuk dititipkan kepada warga yang akan berangkat ke Manggar. Kamis, (27/7/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Kebutuhan Air minum masyarakat Pulau Buku Limau beberapa hari ini mengandalkan air yang diangkut dari Manggar. Pasalnya air penyulingan mereka saat ini dalam kondisi rusak.
Selain itu musim panas yang terjadi di Belitung Timur Juga berdampak di Pulau Buku Limau sebagian sumur warga sudah mulai susut.

"Untuk mesin penyulingan air sumur menjadi air minum, bantuan dari dinas perikan Belitung Timur, saat ini tidak berfungsi dikarenakan ada kerusakan sudah sekitar tiga hari," ujar Sekretaris Desa ( Sekdes) Desa buku Limau Muhammad Agung, kepada posbelitung.co, Kamis (25/7/2019).

Menurut perihal kepengurusan mesin suling sendiri, dikelola kelompok yang telah diserahkan oleh Dinas Perikanan Beltim.

"Mungkin belum sempat dilaporkan, jadi belum diperbaiki. Untuk saat ini kami beli di manggar, kalau pengaruh panas dan angin ini dipulau sebagian sumur memang ada yang susut, tetapi untuk kebutuhan sehari-hari masih mencukupi," ujar Agung.

Dia juga menyampaikan pihak desa sebenarnya tahun ini sudah menganggarkan mesin penyulingan baru lagi namun belum terealisasi.

"Mungkin kedepannya sebentar lagi," ucapnya.

Satu diantara warga Pulau Buku Limau Sania (32) mengatakan baru hari ini menitip dirigen untuk air Minum.

"Satu dirigen 30 liter bisa sampai 2-3 hari baru habis untuk masak sama minum," ujar Sania.

Pantauan posbelitung.co warga menitipkan dirigen kepada warga lainnya yang akan menyebrang ke Manggar. Khiril warga pulau buku limau lainnya mengatakan untuk satu dirigen biasanya dipatok harga Rp 5.000, harga tersebut juga sama dengan air sulingan yang biasanya mereka beli.

(Pos Belitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved