Berita Belitung

Buang Sampah Sembarangan.Warga Bisa Terancam Pidana Tiga Bulan Penjara dan Denda Rp 50 Juta

Bambang melanjutkan, untuk penerapan sanksinya ‎tersebut, dikatakan sebagai kasus Tipiring dengan maksimal tiga bulan kurungan, dan denda Rp 50 juta.

Buang Sampah Sembarangan.Warga Bisa Terancam Pidana Tiga Bulan Penjara dan Denda Rp 50 Juta
Posbelitung/Yuranda
Kepala Bidang Penegak Peratuan Perundang-undangan daerah sekaligus PPNS Perda, Sat Pol PP Kabupaten Belitung, Bambang Sustiawan‎, saat diruang kerjanya, Senin (29/7/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Kabid Penegak Peratuan Perundang-undangan daerah sekaligus Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perda, Sat Pol PP Kabupaten Belitung, Bambang Sustiawan, mengatakan, pihaknya akan melakukan ‎sosialisasi bersama-sama dengan instansi terlibat, terkait dengan peraturan Bupati (Perbup),Belitung ‎yang menerapkan sanksi atas pembuangan sampah tidak pada tempatnya.

"Mungkin dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, selaku leanding sektor, terus dari bagian hukum, dan koordinasi ke pihak kecamatan, pihak polres akan dilibatkan juga, dalam hal itu," jelas Bambang, Senin (29/7/2019) sore.

Bambang melanjutkan, untuk penerapan sanksinya ‎tersebut, dikatakan sebagai kasustindakan pidana ringan (tipiring) dengan maksimal tiga bulan kurungan, dan denda Rp 50 juta.

"Untuk menentukan bener atau salah, itu sendiri atas putusan dari pengadilan negeri, dan untuk eksekusi nya di pengadilan," katanya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, secara teknisnya, Sat Pol PP hanya menanggapi pelaporan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  setelah ditanggapi dari DLH, Sat Pol PP akan melakukan proses sesuai dengan laporan itu.

"Apakah ada dugaan melakukan tindakan pidananya, dan melanggar atau tidaknya. Nanti akan selidiki dengan bukti-bukti yang ada, jadi kalau sudah seperti itu, bukan melakukan mediasi lagi, kalau memang diduga melakukan pelanggaran, akan kami lakukan penyelidikan dan kita akan panggil, yang bersangkutan," ucapnya.

Untuk pemanggilan yang bersangkutan akan dilakukan oleh Petugas PPNS selaku penegak Perda, dan saat ini sudah terbentuk sekretariat PPNS yang berkoordinatornta langsung dengan Sat Pol PP.

"Kami yang mengakomodir seluruh Perda yang ada di Kabupaten Belitung.‎ Bila ada diduga pelanggaran maka kami akan lakukan penyidikan dan dilakukan pemberkasaan secepatnya,‎" tegas Bambang. (Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved