Kabupaten Belitung Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama

KABUPATEN Belitung resmi mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat pratama

Kabupaten Belitung Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama
ist/Kabupaten Belitung Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama
KABUPATEN Belitung resmi mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat pratama. Penghargaan ini ditetapkan pada Selasa (23/7) lalu. 

Kabupaten Belitung Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama

KABUPATEN Belitung resmi mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat pratama. Penghargaan ini ditetapkan pada Selasa (23/7) lalu. Belitung menjadi satu dari 89 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat penghargaan serupa.

Penghargaan KLA diterima oleh Bupati Belitung yang diwakili Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan prempuan Perlindungan Anak, Haziarto.

Menurut Haziarto, penghargaan ini, sebagai pemicu semangat bagi semua instansi, stakeholder, lembaga masyarakat dan semua pihak untuk berperan aktif melaksanakan kegiatan dan menghimpun data.

“Karena tanpa keterlibatan dan komitmen dari semua pihak, maka penghargaan ini akan sulit didapat dan dipertahankan,” ujarnya, Selasa (30/7).

Pencapaian ini pun patut diapresiasi, karena sebelumnya dinas terkait menargetkan pencapaian status tersebut pada 2020.

Selanjutnya, kata Haziarto, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan agar tahun mendatang Kabupaten Belitung dapat mempertahankan status pratama atau bahkan naik ke jenjang berikutnya.

Hal tersebut seperti komitmen bersama secara menyeluruh dari tingkat desa/kelurahan dan kecamatan. Juga meningkatkan cakupan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

Selain itu juga harus tersedia fasilitas informasi layak anak, pembentukan forum anak tingkat kecamatan dan adanya mekanisme pencegahan pernikahan usia dini. Serta berbagai langkah konkret yang perlu dilakukan bersama.

“Oleh karena itu diharapkan agar semua pihak dapat bersama-sama melaksanakan komitmen kebijakan yang peduli pada pemenuhan hak anak dan melindunginya sesuai dengan Deklarasi Kabupaten Belitung menuju Kabupaten Layak Anak,” tutur dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan, KLA bukan hanya status atau penghargaan yang harus diraih setiap kabupaten/kota, namun juga menunjukkan pencapaian bahwa Kabupaten Belitung memang layak bagi anak. Sehingga yang terpenting yakni agar para generasi penerus bangsa ini bisa hidup tenang, nyaman, dan aman.

“Ternyata penghargaan itu juga merupakan apresiasi atas kerja keras bersama. Ketika Belitung belum pernah mendapat pengakuan sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat pratama, lalu dengan kerja keras memverifikasi, mengumpulkan data, dan bersinergi, akhirnya Belitung bisa meraih nilai baik,” jelasnya.

Ini juga merupakan bagian sejarah serta memotivasi pemerintah daerah agar mengajak pihak swasta agar terus menambah fasilitas dan memberikan rasa nyaman dan aman kepada anak-anak.

Lalu mereka bisa mengakses tempat hiburan, sarana bermain dan menikmati fasilitas publik yang pantas dan layak.

Serta menjamin rasa aman sehingga terbebas dari kekerasan, merasakan adanya kasih sayang, dan kemudahan mengakses pendidikan juga kesehatan. “Juga informasi dapat mereka terima sesuai kebutuhan,” tuturnya. (adv/q2)

Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved