Berita Belitung

Mobil Damkar Belitung Tak Dilengkapi Tangga, Satpol PP Sulit Padamkan Api di Bangunan Bertingkat

Melihat kondisi bangunan, Kepala Satpol PP menilai memang sudah seharusnya Belitung memiliki mobil pemadam kebakaran (damkar) yang canggih.

Mobil Damkar Belitung Tak Dilengkapi Tangga, Satpol PP Sulit Padamkan Api di Bangunan Bertingkat
posbeltiung.co/Dede Suhendar
Mobil Damkar berkapasitas 10 ton yang terparkir di kantor Damkar Satpol PP. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Negeri Laskar Pelangi kini sudah memiliki berbagai gedung bertingkat dan gedung didominasi oleh hotel dan ruko yang berada di Kecamatan Tanjungpandan maupun Kecamatan Sijuk.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung Azhar mengatakan dengan melihat kondisi tersebut memang sudah seharusnya Belitung memiliki mobil pemadam kebakaran (damkar) yang canggih.

Mobil damkar itu, harus memiliki tangga agar bisa menjangkau ketinggian api pada saat terjadi kebakaran pada bangunan - bangunan tinggi.

"Tapi kalau yang ini mau dibicarakan dulu, itu kalau untuk Belitung ini tangga yang dilengkapi di mobil damkar tersebut ketinggian 20 meter. Ya supaya bisa dengan mudah menjangkau bagian atas," kata Azhar kepada posbelitung.co, sabtu (3/8/2019).

Selama ini kesulitan yang dihadapi petugas damkar ketika di lapangan tidak memiliki mobil damkar yang dilengkapi tangga. Terutama ketika melakukan pemadaman api pada bangunan yang bertingkat.

"Jadi kesulitan kita selama ini memang itu. Ini sangat penting memang, dan sudah diperlukan kalau di Belitung. Bisa dilihat, hotel-hotel di Belitung ini sudah tinggi-tinggi," bebernya.

Belitung Tambah 2 Mobil Penyuplai Air, Mobil Damkar dan  Voorijder

Untuk mengantisipasi kebakaran hutan di Kabupaten Belitung, Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, Sabtu (3/8/2019) sudah merencanakan untuk menambah mobil damkar baru.

Penambahan mobil damkar tersebut sudah diusulkan untuk Anggaran Belanja Tahunan (ABT). Sekitar Rp 2 miliar angggaran untuk pembelian mobil damkar tersebut sudah dipersiapkan.

"Tahun ini (2019) kami akan menambah armada baru, kemungkinan bulan Desember itu sudah ada. Kami tambah di ABT ini, usulan anggarannya sudah ada Rp 2 miliar," kata Kepala Satpol PP kabupaten Belitung Azhar kepada posbelitung.co, sabtu (3/8/2019).

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved