Berita Belitung

Selain Mobil Damkar, Satpol PP Kabupaten Belitung Juga Bakal Tambah Dua Unit Mobil Penyuplai Air

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung Azhar mengatakan yang harus diperbanyak untuk bidang pemadam kebakaran

Selain Mobil Damkar, Satpol PP Kabupaten Belitung Juga Bakal Tambah Dua Unit Mobil Penyuplai Air
posbelitung.co/Disa Aryandi
Mobil Damkar Belitung ketika memadamkan kebakaran hutan beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung Azhar mengatakan yang harus diperbanyak untuk bidang pemadam kebakaran (damkar) dengan kondisi sekarang adalah mobil penyuplai air.

Apabila mobil suplai sedikit lebih banyak dibandingkan mobil pemadam kebakaran (Damkar), maka mobilitas ketika terjadi kebakaran akan lebih mudah. Mobil damkar cukup berada diposisi tidak jauh dari lokasi.

"Kalau sekarang mobil suplai hanya satu unit berkapasitas 5 ton, maka dari itu mobil damkar biasa bolak balik ke titik pengambilan air. Tapi itu nanti kami sudah berencana untuk di tambah dua unit lagi di tahun 2020," kata Azhar kepada posbelitung.co, sabtu (3/8/2019).

Kondisi armada di Bidang Damkar, untuk mobil damkar berkapasitas 5 ton hanya 2 unit dan satu unit mobil suplai serta satu unit mobil damkar berukuran 10 ton.

"Kalau untuk kondisinya memang baik semua, cuma ketika ada salah satu yang sedang diperbaiki itu yang sulit, karena mobil ini perawatannya memang lebih ekstra, soalnya membawa beban berat," jelasnya.

Rp 2 Miliar untuk Beli Mobil Damkar dan Voorijder

Sebelumnya untuk mengantisipasi kebakaran hutan di Kabupaten Belitung, Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, Sabtu (3/8/2019) sudah merencanakan untuk menambah mobil damkar baru.

Penambahan mobil damkar tersebut sudah diusulkan untuk Anggaran Belanja Tahunan (ABT). Sekitar Rp 2 miliar angggaran untuk pembelian mobil damkar tersebut sudah dipersiapkan.

"Tahun ini (2019) kami akan menambah armada baru, kemungkinan bulan Desember itu sudah ada. Kami tambah di ABT ini, usulan anggarannya sudah ada Rp 2 miliar," kata Kepala Satpol PP kabupaten Belitung Azhar kepada posbelitung.co, sabtu (3/8/2019).

Mobil damkar yang rencana dibelikan ini berkapasitas 5 ton untuk menampung air, keperluan memadamkan api. Awalnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini ingin mengusulkan kendaraan damkar tersebut berkapasitas di atas 5 ton.

"Awalnya begitu, tapi karena urusan dengan pola gerak dengan kondisi jalan yang ada di Belitung ini masih kecil, jadi yang 5 ton dulu. Jadi kami berpikirnya perbanyak jumlah armada dulu," ujarnya.

Selain mobil damkar, diusulkan juga pembelian mobil Voorijder. Mobil tersebut akan dipergunakan sebagai mobil pengawalan mobil pemadam kebakaran.

"Supaya jalannya lancar ketika menuju ke lokasi kebakaran. Ini sudah sangat perlu, mengingat arus lalu lintas di Belitung kini sudah ramai," bebernya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved