Berita Belitung

Perokok Usia Remaja Meningkat, Kementrian Kesehatan RI Dukung Beltim Kendalikan Konsumsi Rokok

Banyak faktor yang mempengaruhi remaja mencoba merokok, satu diantaranya faktor keteladanan, misalnya orang tua merokok

Perokok Usia Remaja Meningkat, Kementrian Kesehatan RI Dukung Beltim Kendalikan Konsumsi Rokok
posbelitung.co/Suharli
Kepala Seksi Advokasi dan Kemitraan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Muhani (kanan jilbab hitam) saat mengadiri Diskusi lintas sektor tantangan dan solusi permasalahan rokok pada remaja di Kabupaten Belitung Timur, di ruang pertemuan Hotel Guest, Manggar, belitung Timur. 

POSBELITUNG.COM,BELITUNG - Kepala Seksi Advokasi dan Kemitraan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Muhani di acara "Diskusi Lintas Sektor Tantangan dan Solusi Permasalahan Rokok Pada Remaja di Kabupaten Belitung Timur" mengatakan jumlah remaja merokok di Indonesia meningkat.

Kedatangan Muhani dari Kementerian Kesehatan RI bertujuan untuk mendukung terciptanya komitmen  pemerintah Kabupaten Belitung Timur agar melakukan upaya pengendalian mengkonsumsi rokok melalui anak dan remaja.

Menurut Muhani berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) perokok dewasa tahun 2013 sampai dengan 2018 mengalami penurunan, akan tetapi untuk perokok remaja dari 7,1 persen pada tahun 2013 meningkat menjadi 9,1 persen pada 2019.

Banyak faktor yang mempengaruhi remaja mencoba merokok, satu diantaranya faktor keteladanan, misalnya orang tua merokok, budaya merokok yang dianggapnya suatu hal yang biasa, dan selain itu menurut Muhani pengaruh dari iklan rokok.

"Mudahnya mendapatkan rokok, misalnya rokok yang dijual ketengan (per satu batang), kalau misal dijual bungkusan tentunya lebih mahal, jadi anak tidak mampu membeli," ujar Muhani kepada posbelitung.co, Senin (5/8/2019).

(posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved