Berita Belitung

Angin Kencang Pengaruhi Tangkapan Nelayan, Harga Ikan Fluktuatif

Harga Ikan di Pasar Tanjungpandan, Kabupaten Belitung saat ini fluktuatif karena disebabkan oleh pengaruh angin kencang.

Angin Kencang Pengaruhi Tangkapan Nelayan, Harga Ikan Fluktuatif
Posbelitung.co/Yuranda
Suasana Pasar Ikan Di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Selasa (6/8/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Harga Ikan di Pasar Tanjungpandan, Kabupaten Belitung saat ini fluktuatif karena disebabkan oleh pengaruh angin kencang.

"Angin sangat kencang dan mempengaruh hasil tangkap, wajar naik karena sesuai dengan pengeluaran nelayan juga, terkadang juga kasian dengan nelayan, pengeluaran tidak sesuai dengan pendapatan," kata Amin, satu diantara Pedagang Ikan di pasar Tanjungpandan, Selasa (6/8/2019).

Namun ia menyebutkan, harga ikan untuk saat ini normal. Sedangkan untuk harga ikan ke depannya, Amin belum memastikan naik atau turun.

"Harga ikan ini tidak menentu, tidak bisa stabil tergantung tangkapan. Kadang juga di pasar ini harganya beda-beda, di tempat lain harga segini dan tempat lain beda lagi, untuk harga yang murah, kemungkinan mereka beli dengan harga yang murah juga," ungkap Amin.

Menurutnya, harga ikan yang dijual olehnya, seperti tenggiri pada hari ini Rp 70 ribu per kilogram, sebelumnya dengan Harga Rp 60 ribu per kilogram sedangkan ikan mengali Rp 50 ribu per kilogram, dan ikan pari Rp 25 ribu.

"Kalau harga sebelumnya, paling turun Rp 5 ribu per kilogram, kadang naik Rp 5 ribu per kilogram, jadi tidak stabil. Kami hanya untuk Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu per kilogram," jelas Amin.

Hal ini juga diakui Prima, satu diantara pedagang ikan lainnya, mengatakan harga ikan yang dijual olehnya bervariasi seperti ikan harga ikan ucul karang Rp 20 per kilogram untuk modalnya, Rp 15 ribu per kilogram.

"Anak tenggiri Rp 15 per kilogram, kalau bulan Rp 25 per Kilogram, sedangkan ikan Anjang-anjang,Rp 15 ribu per Kilogram, bulan terang Rp 20 ribu per kilogram, Seminyak besak 35 per kilogram," kata Amin.

Pengaruh cuaca sangat mempengaruhi seperti angin kencang, juga bisa menyebabkan hasil tangkap nelayan berkurang‎. (Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved