Berita Belitung

Ada Hewan Kurban yang Sakit, Namun Hanya Kategori Seperti Ini

Dari ratusan hewan qurban sapi dan kambing yang di datangkan dari Madura dan Lampung, memang dijumpai ada kategori sakit.

Ada Hewan Kurban yang Sakit, Namun Hanya Kategori Seperti Ini
Posbelitung.com/Disa Aryandi
Kambing-kambing yang pedagang di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO-- Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, dari ratusan hewan kurban sapi dan kambing yang di datangkan dari Madura dan Lampung, memang dijumpai ada kategori sakit.

Namun kondisi hewan yang sakit ini tidak begitu banyak, dan kategori sakit yang di alami oleh hewan tersebut tidak begitu parah.

"Mayoritas hewan yang ada di Belitung ini untuk di qurban rata-rata kategori sehat. Ada yang sakit, tapi hanya sakit - sakit biasa," kata Destika kepada Posbelitung.co, rabu (7/8/2019).

Penyakit yang di jumpai oleh dokter hewan dilapangan, lanjut Destika, hanya sakit mata ber air untuk sapi kurban. Penyakit itu, karena perjalanan yang jauh dari Madura dan Lampung menuju Belitung.

"Tapi dua atau tiga hari sudah sembung. Kalau kambing, sakit kurap di dekat mata, dan itu satu minggu sudah sembuh. Tapi rata-rata kondisi sapi kita di Belitung baik," bebernya.

Sebelumnya, ada 200 ekor sapi dan 700 ekor kambing, sudah di datangkan dari Madura dan Lampung. Hewan tersebut sepenuhnya untuk qurban perayaan Idul Adha 1440 Hijriah.

Seluruh hewan quran itu, kini sudah tersebar di Kabupaten Belitung untuk kemudian dipasarkan kepada pedagang dan pembeli.

Untuk hewan kurban ini di yakini sudah cukup untuk mememenuhi kebutuhan pembeli. Hanya saja sekarang ini, masyarakat banyak beralih dari kambing ke sapi.  (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved